Terbaru! Kota Batu Bakal Miliki 2 Kelurahan Baru pada 2023 - Tugujatim.id

Terbaru! Kota Batu Bakal Miliki 2 Kelurahan Baru pada 2023

  • Bagikan
Kelurahan baru. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang)
Ilustrasi Alun-Alun Kota Batu yang berada di Kecamatan Batu. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang)

BATU, Tugujatim.id – Ada kabar baik untuk warga Kota Batu. Sebab, rencananya mulai 2023 mendatang akan ada 2 kelurahan baru di Kota Batu. Ya, 2 kelurahan itu terletak di Kecamatan Batu, yakni Kelurahan Sisir dan Kelurahan Temas.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berharap realisasi pemecahan wilayah itu bisa segera direalisasikan. Dewanti menuturkan, pemekaran wilayah menjadi 2 kelurahan baru tersebut mengingat jumlah penduduk di sana sudah mulai padat. Selain itu, wilayahnya juga terlalu luas.

”Dengan ada pemecahan kelurahan baru ini, harapannya pelayanan pada masyarakat bisa semakin optimal,” kata Dewanti pada Kamis (03/03/2022).

Dewanti juga menuturkan, ke depannya pelayanan publik di Kota Batu harus ditingkatkan. Salah satu caranya dengan pemecahan wilayah. Saat ini soal ini sudah masuk tahap kajian dan tinggal melakukan sosialisasi dan pembangunan fasilitas.

”Masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Karena itu, mungkin baru bisa direalisasikan tahun depan (2023, red),” jelasnya.

Terpisah, Camat Batu Yopi Supriadi menambahkan, persyaratan administrasi pemecahan wilayah ini sudah lengkap. Untuk pengadaan lahan fasilitas gedung perkantorannya juga sudah disiapkan.

”Alhamdulillah, ada cadangan aset tanah, termasuk bangunan yang bisa dijadikan sebagai kantor kelurahan baru,” ujar dia.

Dia menyatakan, pemecahan wilayah ini sejalan dengan dapil pemilihan umum (pemilu) pada beberapa tahun lalu di Kecamatan Batu. Dengan pemekaran wilayah ini diharapkan pada ajang Pemilu 2024 mendatang, masyarakat lebih mudah menentukan pilihan dan jalannya pemilu bisa lebih lancar.

“Jadi akan meningkat pelayanan publiknya karena justru lebih mendekatkan akses pelayanan,” ujarnya.

  • Bagikan