Terkendala Komorbid, Vaksinasi Pelajar di Kota Malang Hanya 99 Persen - Tugujatim.id

Terkendala Komorbid, Vaksinasi Pelajar di Kota Malang Hanya 99 Persen

  • Bagikan
Vaksinasi pelajar di Kota Malang pada Sabtu (30/10/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Vaksinasi pelajar di Kota Malang pada Sabtu (30/10/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM), Pemkot Malang terus melakukan percepatan vaksinasi bagi pelajar. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang mencatat hanya 99 persen pelajar SD dan SMP di atas usia 12 tahun sudah divaksinasi.

“Capaian vaksinasi siswa kami untuk dosis pertama sudah 99 persen, itu dari jumlah total 45 ribu siswa SD dan SMP di Kota Malang,” ujar Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana pada Sabtu (30/10/2021).

“Ini vaksinasi siswa masih terus berlanjut, terutama untuk dosis kedua kan harus terus dilanjutkan. Dosis kedua itu sudah mencapai 60 persen,” tambahnya.

Suwarjana mengatakan, capaian vaksinasi pelajar di Kota Malang bisa saja mencapai 100 persen. Namun disebutkan, sejumlah siswa belum bisa menerima vaksinasi karena memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

“Kenapa masih 99 persen, tidak 100 persen, ini karena ada beberapa siswa yang memiliki penyakit tertentu sehingga tidak bisa dilakukan vaksinasi,” jelasnya.

Menurut dia, sejumlah siswa yang belum bisa divaksin tersebut memang memiliki komorbid yang beragam. Mulai dari penyakit darah hingga penyakit jantung.

“Penyakit bawaan mereka pun beragam, seperti darahnya hingga penyakit jantung. Maka kan harus ada spesialis jantung dan sebagainya,” imbuhnya.

Penyaluran vaksin Covid-19 memang tak bisa serta merta diberikan kepada sembarang orang tanpa memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu jika siswa tersebut ingin divaksin, maka harus menyertakan surat rekomendasi dari dokter spesialis.

“Biasanya dianalisis oleh dokter spesialis, makanya kan harus menunggu (untuk bisa divaksin),” tandasnya.

 

  • Bagikan