News  

Timnas Italia Lolos ke Semifinal UEFA Nations League usai Hajar Hungaria 2-0

Timnas Italia. (Foto: IG @azzurri/Tugu Jatim)
Menang 2-0 atas Hungaria, Italia lolos ke semifinal UEFA Nations League. (Foto: IG @azzurri)

Tugujatim.id – Timnas Italia memastikan lolos ke semifinal UEFA Nations League setelah memperoleh kemenangan meyakinkan atas tuan rumah Hungaria dengan skor telak 3-0 pada Selasa dini hari (27/09/2022) di Budapest. Tim Hungaria asuhan Marco Rossi hanya membutuhkan hasil imbang untuk mencapai empat besar kompetisi.

Penampilan Hungaria sejatinya tidak begitu buruk. Tim berjuluk Magyarok itu bahkan memiliki penguasaan bola mencapai 54 persen, berbalik 46 persen milik Timnas Italia.

Namun, kesalahan defensif lini belakang Hungaria kerap kali dilakukan yang akhirnya berbuah gol bagi Timnas Italia. Hal itu membuat Giacomo Raspadori menggulung bola ke gawang yang kosong dan membawa Italia unggul.

Bomber muda Italia Wilfried Gnonton mampu menyerobot bola saat Hungaria melakukan build up serangan dari belakang. Bola liar kemudian disambar Giacomo Raspadori yang sukses menggetarkan gawang Hungaria. Gol! Italia unggul 1-0.

Skuad Gli Azzurri memastikan kemenangannya setelah turun minum, tepatnya menit 57′. Federico Dimarco mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan terukur Brian Cristante.

Tertinggal 0-2 membuat Hungaria terus melancarkan serangan ke lini pertahanan Italia. Namun, hingga laga usai, skor tetap bertahan.

Gol penutup yang dicetak Federico Dimarco tercatat sebagai penanda gol ke-1.500 dalam sejarah Timnas Italia. Kemenangan ini juga merupakan kemenangan pertama Italia di Budapest sejak 1996.
Gianluigi Donnarumma layak terpilih menjadi pemain terbaik pada laga ini. Donnarumma tampil impresif dengan berkali-kali menggagalkan peluang emas yang didapat Hungaria, baik di babak pertama maupun babak kedua.

Donnarumma tercatat enam kali melakukan penyelamatan, termasuk ketika beruntun memblok tembakan lawan di awal babak kedua. Donnarumma pun menegaskan semakin pentingnya arti dirinya bagi skuad Italia saat ini setelah pada Euro 2020 lalu dia menjadi pahlawan dan menyabet gelar pemain terbaik turnamen.

Italia sukses mencuri tiga poin dari markas Hongaria. Hasil ini mengantarkan Armada Roberto Mancini lolos ke semifinal UEFA Nations League dan menggusur Hungaria dari puncak klasemen Grup 3. Italia mengumpulkan 11 poin, sedangkan Hungaria mengoleksi 10 poin disusul dengan Jerman di urutan ketiga dan Inggris yang terdegradasi di urutan keempat.