Tingkatkan SDM Mahasiswa, Pemkab Pamekasan dan Unitri Malang MoU Program KKN Tematik

Unitri Malang. (Foto: Pemkab Pamekasan/Tugu Jatim)
Pemkab Pamekasan dan Unitri Malang membuat kerja sama pada program KKN di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Selasa (26/07/2022). (Foto: Pemkab Pamekasan)

PAMEKASAN, Tugujatim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menandatangani nota kesepakatan (MoU) dengan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang tentang tri dharma perguruan tinggi di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Selasa (26/07/2022). Kerja sama ini dijalin Unitri Malang dalam rangka program KKN tematik.

Penandatangan tersebut dilakukan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Pamekasan Nurul Widiastuti, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pamekasan Syahrul Munir, Kabag Kesra Setdakab Pamekasan Abrori, serta Rektor Unitri Malang Prof Eko Handayanto MSc Phd yang didampingi jajaran wakil rektor dan civitas academica Unitri Malang.

Rektor Unitri Malang Prof Eko Handayanto mengatakan, pihaknya menginginkan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Pamekasan bisa berpartisipasi membangun di tanah kelahirannya melalui ilmu yang diperoleh selama mengeyam pendidikan di perguruan tinggi.

“Supaya nanti ada manfaatnya kepada kabupatennya sendiri. Tentu ini perlu dukungan dari pemerintah kabupaten. Salah satunya kuliah kerja nyata (KKN) yang nantinya bisa diletakkan di Pamekasan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya mengusung KKN tematik yang selaras dengan program desa tematik Pemkab Pamekasan sesuai dengan bekal yang diterima selama berada di kampus. Tidak hanya itu, pihaknya juga membekali tentang wawasan kebangsaan, keindonesiaan kepada mahasiswa sebagai benteng Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebenarnya kami agak terlambat datang ke sini, semestinya pada 2019, tapi karena ada pandemi Covid-19 kami tidak bisa melakukannya,” ujarnya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan atas kerja sama yang dibangun, baik kerja sama langsung maupun tidak langsung dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di masa yang akan datang.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Pamekasan Nurul Widiastuti mengapresiasi perkembangan Unitri yang tergolong cepat mulai sekolah tinggi hingga menjadi universitas. Hal itu tentunya tidak lepas dari kerja keras civitas akademika untuk mewujudkan hal tersebut.

Dia menambahkan, Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam sedang menggalakkan program beasiswa bagi anak-anak Pamekasan. Mulai dari beasiswa santri, beasiswa kedokteran, beasiswa pendidikan terhadap aparatur sipil negara (ASN), kerja sama dengan sekolah kedinasan, dan lain-lain yang tak lain demi terwujudnya SDM hebat di masa mendatang.

“Pimpinan kami, bapak bupati memang perhatian betul terhadap pengembangan SDM. Tentu apa yang diharapkan dan diinginkan oleh pak rektor kami akan sampaikan kepada bapak bupati,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim