Tips  

Tips Agar Kopi yang Kamu Nikmati Tak Berbahaya bagi Tubuh

 Ilustrasi kopi
 Ilustrasi kopi. (Foto: Pexels)

Tugujatim.idKopi adalah minuman yang mengandung kafein yang biasa dikonsumsi apabila butuh energi. Di beberapa kalangan baik remaja maupun dewasa, kopi sangat populer.

Akan tetapi mengkonsumsi terlalu banyak kopi dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit perut hingga jantung yang berdetak cepat.

Nah, bagi Anda yang suka mengonsumsi kopi dan ingin tidak berbahaya bagi tubuh, coba simak tips berikut ini.

1. Tidak Berlebihan

Jangan berlebihanminumkopi, cukup mengonsumsi 3-4 cangkir sehari atau kurang dari 500 mg perhari. Kopi mengandung kafein yang apabila berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh. Mengutip dari laman Fakultas Kedokteran UI.

“Konsumsi kopi kalau masih 3-4 cangkir per hari mungkin tidak ada masalah. Namun yang penting perhatikan kondisi tubuh setelah minum kopi. Kalau berdebar-debar sebaiknya kurangi dosis atau jauhi kopi,” ujar Profesor Budhi Setianto Purwowiyoto, guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

2. Gunakan Kertas Filter

Kopi mengandung cafestol yang dapat meningkatkan kolesterol. Dengan menggunakan kertas ini maka kadar cafestol akan berkurang tanpa mengurangi kadar kafein dan antioksidan pada kopi.

3. Hindari Minum Kopi Sore Hari

Kopi biasanya dikonsumsi agar kita tidak mudah kelelahan dan membutuhkan tendangan energi pada tubuh. Akan tetapi usahakan untuk tidak meminum kopi dengan kadar kafein yang tinggi diatas jam 2 siang.

Kafein dalam kopi akan menggangu kualitas tidur yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebagai alternatif, kamu dapat menikmati kopi yang tidak mengandung kafein atau teh.

4. Kurangi Gula

Kopi dikenal sehat dan memiliki rasa yang pahit apabila diseduh tanpa gula. Akan tetapi dengan ditambahnya gula terutama gula buatan akan berdampak buruk pada tubuh karena mengandung banyak kalori. Jadi bagi kamu penikmat kopi manis kamu dapat menambahkan gula aren atau gula merah yang dikenal lebih sehat dari pada gula pasir.

5. Kurangi Campuran pada Kopi

Mencampur kopi dengan campuran lain seperti krimer memang sah-sah saja namun akan lebih baik apabila hal tersebut dikurangi, karena itu akan dapat menjadi sumber kalori yang memicu diabetes dan penyakit jantung. Dikutip dari Detikhealth.

“Sebenarnya yang sering menimbulkan efek tidak baik justru bukan kopinya, misalnya gula, krimer atau susu tinggi lemak, ataupun cemilan sambil ngopinya,” ujar dr Ayuthia Putri Sedyawan.

Nah itulah tips agar kamu dapat menikmati kopi yang aman bagi tubuh, jangan lupa jaga kesehatan ya!


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim