Tips Bangun Bisnis Media Online, Dirut Suara.com: Pentingnya Peran Kolaborasi bersama Anak Muda   - Tugujatim.id

Tips Bangun Bisnis Media Online, Dirut Suara.com: Pentingnya Peran Kolaborasi bersama Anak Muda  

  • Bagikan
Suara.com. (Foto: Dok Tugu Media Group/Tugu Jatim)
Dirut Suara.com Suwarjono (baju putih) membagikan ilmu membangun bisnis kepada tim Tugu Media Group di Jakarta, Kamis (04/08/2022). (Foto: Dok Tugu Media Group)

JAKARTA, Tugujatim.id – Kegiatan silaturahmi terus dilakukan Tugu Media Group saat berada di Jakarta, Kamis (04/08/2022). Kesempatan kali ini dilakukan dengan bertemu sosok yang rendah hati dan penuh inspirasi yaitu Direktur Utama Suara.com Suwarjono. Silaturahmi berharga itu digunakan tim Tugu Media Group untuk menimba ilmu bagaimana membangun bisnis media.

CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, GM Tugujatim.id Bayu Eka, dan GM Tugumalang.id Fajrus Sidiq bertemu langsung dengan Dirut sekaligus Pemred Suara.com Suwarjono. Obrolan gayeng ini membuat Suwarjono berbagi tips jitu yang ampuh dalam mengembangkan perusahaan media online.

Dirut Suara.com Suwarjono tak pelit ilmu kepada para anak muda yang bergelut dalam bisnis media. Bahkan, dia mengungkapkannya secara detail. Mulai dari sharing strategi membangun perusahaan dari awal, cara menjalankan, mengoptimalkan peluang, menciptakan lingkungan kerja yang sehat, mengembangkan potensi SDM ahli, hingga mengelola keuangan perusahaan.

Dia mengatakan, kolaborasi dengan talenta muda menjadi salah satu poin penting dalam membesarkan perusahaan. Dia juga membeberkan hal yang dianggap kompetitor sebagai sesuatu yang remeh temeh, ternyata dapat diwujudkan sebagai peluang bak permata. Karena itu, pentingnya menganalisis perkembangan grafik dan traffic pengguna atau pembaca konten perusahaan dengan baik, tepat, dan cepat.

“Saya awal membangun media online itu tidak mungkin dalam waktu singkat bisa langsung menghasilkan profit. Kami harus mencari traffic dulu, mencari pembaca dulu. Pengalaman saya, setelah 6 bulan, kami baru ada pendapatan dan traffic pembaca,” ucapnya.

Menurut dia, semua itu tak dia lalui dengan mudah. Dia membeberkan pentingnya membangun perusahaan media kuncinya pada konsistensi, ketenangan, ketekunan, kesabaran, hingga pengambilan keputusan akurat.

Tak heran jika kemudian Suara.com menjadi salah satu media nasional yang mendapat perhatian besar dari pembacanya. Konten-kontennya yang berpotensi menarik pembaca terus diproduksi secara konsisten dan berkualitas.

Dia menyebut, Suara.com saat ini mampu memproduksi atau mengunggah 1.600 konten berita dalam sehari. Tak hanya konten, berita, maupun produk jurnalistik, dia juga mengoptimalkan konten video di berbagai media sosial.

“Saya juga masih belajar. Untuk berkembang harus terus belajar, apalagi masih muda. Jangan bosan untuk belajar. Perusahaan ini berkembang bukan karena saya, tapi peran pemuda yang mau belajar,” ujarnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan