Tips Jaga Kesehatan Kulit saat Puasa dengan Rangkaian Vitamin C ala Wardah - Tugujatim.id

Tips Jaga Kesehatan Kulit saat Puasa dengan Rangkaian Vitamin C ala Wardah

  • Bagikan
dr. Indah Widyasari (kanan) narasumber dalam Wardah Beauty & Wellness yang bertemakan Vitamin C for Your Healthy Body and Skin, Minggu (02/04/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Jangan heran ketika kondisi vitalitas kulit akan sedikit menurun ketika menjalan ibadah puasa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kekurangan cairan, kurang tidur, atau terlalu banyak makan yang manis atau berlemak. Untuk memiliki kulit yang sehat dan lembap saat berpuasa, kita perlu memperhatikan berbagai aspek. Mulai dari menjaga pola makan hingga perawatan pada kulit wajah.

Pola tidur yang berubah karena harus bangun sahur menjadi pemicu hormon melatonin pada tubuh akan berubah, padahal hormon ini memiliki peranan penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

“Jadi untuk menyiasatinya yaitu jangan begadang, jam 11-12 harus tidur,” sebut Dermatologist, dr.Indah Widyasari dalam acara Wardah Beauty and Wellness yang bertemakan Vitamin C for Your Healthy Body and Skin, Minggu (02/05/2021).

Acara Wardah Beauty and Wellness yang bertemakan Vitamin C for Your Healthy Body and Skin, Minggu (02/05/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Acara Wardah Beauty and Wellness yang bertemakan Vitamin C for Your Healthy Body and Skin, Minggu (02/05/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Selain menjaga pola tidur, menurut dr.Indah, supaya terhindar dari masalah kulit yang sering dikeluhkan banyak orang, lakukan cara diet seimbang, dan harus tetap mengonsumsi sayur dan buah. Konsumsi gula terlalu tinggi juga dapat menyebabkan penuaan lebih cepat.

“Gula gula yang tinggi ini mengakibatkan radikal bebas yang nantinya berpengaruh terhadap kolagen di kulit,” tambahnya.

Gunakan sunsreen meskipun sedang di dalam ruangan sekalipun, sehingga dapat menangkal sinar UVA/UVB, infrared dan juga sinar tampak seperti sinar gadget, dengan minimum menggunakan SPF 30. Jika hal tersebut diabaikan akan membuat kulit kusam, kering, warna tidak merata, dan juga muncul jerawat akibat diet tidak seimbang. Untuk membersihkan menyeluruh, gunakan pembersih kulit yang sesuai dengan tipe kulit.

“Jangan lupa gunakan pelembab penting sekali, meskipun kulitnya berminyak dan berjerawat tetap disarankan untuk memakai mousterizur yang tentunya sesuai dengan tipe kulit,” turur dr.Indah.

Bagi kamu yang memiliki kulit oili gunakan pelembab dengan bahan dasar yang ringan, bisa berbentuk gel atau lotion, sedangkan untuk kulit kering gunakan mousterizur yang berbentuk krim.

Gunakan Antioksidan yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E

Pentingnya vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit terutama saat bulan puasa. (Foto: Dokumen/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Pentingnya vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit terutama saat bulan puasa. (Foto: Dokumen/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Keduanya merupakan antioksidan yang saling melengkapi dan bekerja sama baik sekali bila dikombinasikan dengan tabir surya.

“Dibandingkan hanya dengan menggunakan tabir surya saja, ternyata efek kerusakan akibat UV lebih rendah kalau kita mengkombinasikan sunscreen dengan vitamin C dan Vitamin E,” kata dr.Indah.

Vitamin C dipercaya mampu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Karena vitamin C bersifat antioksidan yang sangat kuat terutama pada lapisan permukaan kulit. Ditambah dengan vitamin E dan glutation di dalam kulit, sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Selain itu, menggunakan vitamin C baik di oles atau di konsumsi mampu mampu menambah kolagen. Saat bulan puasa, vitamin C juga sangat bagus untuk kulit kering, karena memiliki efek memicu regenerasi sel kult mati dan meningkatkan lemak di sawar kulit, sehingga mencegah keluarnya air menguap dari tubuh. Vitamin C sangat direkomendasikan untuk kulit dalam mencegah penuaan dan menjaga kesehatan kulit selama pandemic dan bulan Ramadhan.

Gunakan Rangkaian Wardah C Defense

Wardah C Defense ini mengandung vitamin C yang sangat kaya akan anti-oksidan, sehingga bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang biasanya kamu alami dari polusi udara. Formula vitamin C-nya cukup gentle sehingga aman digunakan oleh yang baru pertama kali menggunakan produk berbahan vitamin C. berikut rangkaian wardah C Defense yang mampu menjaga kulitmu tetap sehat.

1. Wardah C Defense Energizing Creamy Wash, formulanya lembut dan mencegah jerawat
2. Wardah C Defense Face Mist, memberikan kesegaran seketika pada kulit
3. Wardah C Defense Serum, rangkaian Wardah C Defense yang membantu memicu produksi kolagen di kulit
4. Wardah C Defense DD Cream, melindungi dari UV dan radikal bebas sekaligus

  • Bagikan