Tips Memilih Skincare dan Serum yang Cocok untuk Kulit Wajah Anda, Seperti Apa? - Tugujatim.id

Tips Memilih Skincare dan Serum yang Cocok untuk Kulit Wajah Anda, Seperti Apa?

  • Bagikan
Gelaran acara Wardah The Serum Expert Talks yang mengupas tuntas tips dan cara memilih skincare dan serum untuk beragam kulit wajah. (Foto: Dokumen/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Gelaran acara Wardah The Serum Expert Talks yang mengupas tuntas tips dan cara memilih skincare dan serum untuk beragam kulit wajah. (Foto: Dokumen/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Bingung menjadi satu hal yang kerap dialami pengguna skincare dalam memilih produk perawatan wajah. Bagaimana tidak, seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan skincare semakin meningkat. Selain itu, skincare yang diminati juga menjadi semakin spesifik.

Belakangan, bahkan marak satu produk yang diidam-idamkan untuk melengkapi kebutuhan kulit. Yakni dengan penggunaan serum.

Dermatology asal Indonesia, Claudia Christin mengatakan, bahwa ada tiga cara tepat untuk memilih skincare yang tepat. Pertama yaitu ketahui jenis kulit terlebih dahulu, kemudian kedua kebutuhan kulit, dan yang terakhir mencari solusi yang sesuai.

Umumnya, terdapat 3 jenis kulit yang umum ditemui, ialah kulit berminyak, kering, dan kombinasi. Cara mengetahui jenis kulit pun dapat menggunakan beberapa cara. Paling mudah, lanjut Claudia, cuci wajah dengan sabun, biarkan selama 30 menit, dan perhatikan jumlah minyak yang ada pada kulitmu.

“Untuk jenis kulit yang berminyak, pilih tekstur kulit yang ringan serta memilih kandungan yang bisa bantu mengontrol minyak (contohnya: Niacinamide, Salicylic Acid, dan Zinc), sementara untuk kulit kering dapat memilih produk yang creamy dan kandungan yang melembabkan (contohnya: Hyaluronic Acid, Oil, Glycerin, dan Petrolatum),” ujarnya dalam Wardah The Serum Expert Talks.

Skincare yang Tepat di Pagi dan Malam Hari

Perempuan yang telah menyelesaikan studi PhD di Seoul National University, Korea ini juga membagikan urutan penggunaan skincare yang tepat di pagi dan malam hari.

Urutan skincare pagi hari meliputi cleanser, toner, serum, eye cream, moisturizer, ditutup dengan sunscreen. Sedangkan untuk malam hari dimulain dari make up remover atau micellar water, cleanser, toner, serum, eye cream, moisturizer, dan lip mask.

“Perbedaan utama dalam skincare pagi dan malam hari adalah penggunaan sunscreen atau tabir surya yang digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Urutan skincare juga dapat dilihat dari konsistensinya, selalu gunakan produk yang lebih cair dan watery terlebih dahulu sampai ke yang paling kental atau creamy,” imbuhnya

Layering atau mengkombinasikan beberapa ingredients skincare juga dapat meningkatkan manfaat skincare ke kulit. Pasalnya, terkadang dibutuhkan beberapa ingredients skincare untuk mendapatkan solusi terbaik terhadap jenis dan kondisi kulit serta menyelesaikan beberapa permasalahan kulit sekaligus.

“Seperti contohnya melayer Hyaluronic Acid dan Niacinamide. Sebenarnya, semua ingredients skincare dapat dilayer menyesuaikan kulit masing-masing, namun terdapat beberapa warning yang harus diperhatikan, seperti menggabungkan ingredients yang berpotensi mengiritasi kulit. Pengguna skincare harus aware terhadap reaksi negatif kulit seperti kulit terasa panas, gatal, tertarik, kemerahan, dan muncul jerawat,” bebernya

Rekomendasi Produk dari Wardah yang Sesuai untuk Anda

Sementara itu, apoteker sekaligus anggota tim Product Innovation dan Development Wardah, Ariella Astasia menyebut salah satu inovasi produk Wardah yang tengah naik daun ialah tersedianya berbagai serum yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan kulit.

“Serum sendiri merupakan skincare yang mengandung bahan aktif tinggi dan efektif untuk dapat penetrasi lebih dalam ke dalam kulit sehingga bisa menyelesaikan masalah kulit yang lebih targeted,” sambung dia

Kini, sebagai produk kecantikan yang meraih predikat No. 1 Perawatan Wajah Pilihan Wanita Indonesia, Wardah memiliki 5 serum dari berbagai series yaitu, Hydra Rose, Renew You, C-defense, White Secret, dan Lightening.

Hydra Rose Micro Gel Serum mengandung Avalanche Rose Oil yang dikultivasi khusus di Belanda dan Hyaluronic Acid untuk melembapkan, memperbaiki barrier kulit, menenangkan, dan sebagai antioksidan. Serum ini cocok untuk kulit kering, dehidrasi, dan sensitif.

Renew You Anti Aging Intensive Serum merupakan serum yang dapat menyamarkan kerutan kulit, menstimulasi pembentukan kolagen dan membuat kulit lebih kencang serta elastis. Kandungan 3% Matrixyl Peptide, 2% Apple PhytoStemCell Extract, dan 1% Centella Asiatica Extractnya ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

C-defense Serum merupakan serum dengan kandungan 10% Hi-Grade Vitamin C untuk mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam, serta sebagai antioksidan pada kulit.

Wardah juga memiliki serum yang advanced brightening yaitu White Secret dengan kandungan 1% Silvervine Extract dan 0.8% Actosome Whitenol yang dapat meratakan warna kulit dan menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam sehingga kulit menjadi cerah sebening kristal.

Terakhir, terdapat Lightening Serum Ampoule dengan 10x Advanced Niacinamide yang dapat mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat, serta melindungi kulit dari dampak buruk sinar blue light dari gadget.

“Secara umum, semua serum Wardah dapat dilayer berdasarkan kebutuhan kulit masing-masing. Misal, beberapa layering serum yang dapat menjadi rekomendasi ialah layering Hydra Rose dengan Lightening untuk menghidrasi dan menenangkan barrier kulit serta White Secret dengan C-defense untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Kuncinya adalah untuk selalu memahami jenis, kondisi, dan permasalahan kulit terlebih dahulu sebelum memilih skincare,” tandasnya.

  • Bagikan