Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan: Sebaiknya Jangan Minum Kopi - Tugujatim.id

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan: Sebaiknya Jangan Minum Kopi

  • Bagikan
Pengendara motor menerbos hujan. Tips menjaga kesehatan.
Pengendara menerobos air hujan. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Hujan merupakan salah satu pemberian dari Tuhan yang harus kita syukuri. Tanpa adanya hujan, tanah akan kering, tumbuhan bayak yang mati, bahkan manusia akan kekurangan air. Namun, saat musim hujan tiba, tanah menjadi lembab, bakteri dan virus berkembang lebih pesat. Seringkali tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit, seperti flu, demam berdarah, diare, dan hidung tersumbat.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat saat musim hujan, ada beberapa tips sehat bagi Anda, berikut Tugu Jatim telah merangkumnya.

1. Rajin Berolahraga

Banyaknya kegiatan sehari-hari yang dilakukan, seringkali membuat beberapa orang malas untuk berolahraga. Dengan berolahraga akan menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan kuat. Jika tubuh mempunyai kekebalan imun yang baik, maka akan mencegah penyakit yang menyerang tubuh.

Baca Juga: Mengenal Prialangga, Kreator di Balik Layar Video Klip Raisa ‘Bahasa Kalbu’

Luangkan waktu 15 menit untuk melakukan pemanasan tubuh, seperti jalan cepat, lompat-lompat, dan menggerakkan otot-otot tubuh yang lain. Sesering mungkin Anda harus berjalan kaki, hal ini membantu tubuh sedikit berkeringat dan menjaga tubuh tetap hangat saat musim hujan.

2. Minum yang Hangat, Namun Bukan Kafein

Saat musim hujan, tubuh akan merasa kedinginan, untuk menghangatkannya, Anda bisa meminum air putih hangat yang dicampur dengan jahe, atau jeruk nipis. Hindari minum kopi atau teh, karena minuman tersebut dapat memicu untuk selalu buar air kecil, tanpa disadari lama-kelamaan Anda akan kekurangan cairan pada tubuh.

3. Perbanyak Makan Buah

Biasanya, saat musim hujan cenderung membuat lebih cepat lapar, buah-buahan menjadi salah satu pilihan santapan dimana saja dan kapan saja, dan dapat menghindari masuknya karbohidrat yang berlebihan. Kandungan vitamin pada buah juga dapat membantu tubuh menjaga sistem kekebalan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Saeguk, Drama Korea Berlatar Belakang Kerajaan

4. Siapkan Pakaian dan Sepatu Ganti saat Anda Berada di Luar Rumah

Ketika Anda sedang di luar rumah, dan tidak sengaja Anda kehujanan maka bersiap-siaplah dari rumah sudah membawa pakaian dan sepatu ganti. Selain akan menimbulkan masuk angin, sepatu yang basah akan membuat kaki menjadi lembab yang kemudian jika lama kelamaan akan menyebabkan jamur pada kulit.

5. Sediakan Payung atau Jas Hujan

selain sebagai penghalang sinar matahari, payung juga digunakan untuk menahan air hujan agar tidak mengenai tubuh kita. Air hujan yang turun dari langit tidak selalu bersih, hujan yang pertama turun meluruhkan kadar polusi udara, jadi kandungan pada air hujan dapat membuat kepala menjadi pusing. (Mila Arinda/gg).

 

Referensi: Kementerian Kesehatan

 

  • Bagikan