Tugu Media Goes to Campus Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi untuk 4 PTN di Surabaya Raya - Tugujatim.id

Tugu Media Goes to Campus Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi untuk 4 PTN di Surabaya Raya

  • Bagikan
Tugu Media Goes to Campus menggelar pelatihan bersama 4 PTN di Surabaya Raya yaitu UIN Sunan Ampel Surabaya, Unair Surabaya, Unesa, dan ITS Surabaya, Rabu (19/05/2021).(Foto: Tugu Media Group/Tugu Jatim)
Tugu Media Goes to Campus menggelar pelatihan bersama 4 PTN di Surabaya Raya yaitu UIN Sunan Ampel Surabaya, Unair Surabaya, Unesa, dan ITS Surabaya, Rabu (19/05/2021).(Foto: Tugu Media Group)

SURABAYA, Tugujatim.id – Setelah Tugu Media Group yang membawahi tugumalang.id dan tugujatim.id sukses menyelenggarakan pelatihan jurnalistik di UIN Maliki Malang, Universitas Negeri Malang (UM), dan beberapa SMA di Malang Raya, kini Tugu Media Group melesat dan menjalin silaturahmi di berbagai sudut Kota Surabaya, termasuk di bidang pendidikan. Melalui program Tugu Media Goes to Campus, kini hadir kembali dan berkolaborasi dengan 4 PTN di Surabaya Raya. Yaitu, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa). dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Bayu Eka Novanta selaku Manager Event dan Ketua Pelaksana program ini menyampaikan, banyak keuntungan yang bakal diperoleh mahasiswa/mahasiswi yang ikut serta pelatihan di agenda Tugu Media Goes to Campus. Dia menyebut, pelatihan jurnalistik dan fotografi akan diperoleh secara gratis oleh peserta dengan mentor yang kompeten di media massa.

“Sejumlah keuntungan yang didapat dari pelatihan ini adalah peserta dapat pelatihan secara gratis mengenai jurnalistik dan fotografi. Soal literasi media massa pun akan disampaikan mentor berpengalaman,” terangnya Rabu (19/05/2021).

Selain itu, Bayu menegaskan bahwa sebelumnya agenda Tugu Media Goes to Campus telah berhasil digelar di beberapa kampus di Malang Raya, seperti UIN Maliki Malang, UM, dan sekolah menengah atas.

“Tugu Media Goes to Campus adalah program edukasi mengenai jurnalistik yang sebelumnya telah hadir di beberapa kampus dan sekolah di Malang, seperti UIN Malang, Universitas Negeri Malang (UM) dan sejumlah sekolah menengah atas di Malang,” sambungnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta dari masing-masing kampus, untuk agenda Tugu Media Goes to Campus di Surabaya Raya akan diselenggarakan bersama 4 perguruan tinggi negeri (PTN) sekaligus.

“Yakni, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Setidaknya akan dihadiri sekitar 500-800 peserta dari 4 PTN tersebut,” tegasnya.

Di sisi lain, tujuan dari agenda Tugu Media Goes to Campus, yakni mahasiswa dapat memahami tentang menulis artikel, memahami foto jurnalisme, serta memfasilitasi karya tulis untuk peserta agar dapat tampil di portal berita Tugu Jatim ID, Tugu Malang ID, dan Kumparan.

“Yang pasti, temen-temen wajib ikut. Karena ini bermanfaat sekali,” ujarnya.

Dalam agenda Tugu Media Goes to Campus, mentor pengisi pelatihan adalah orang yang berkompeten dan mempunyai pengalaman matang di bidang jurnalistik. Berbagai sepak terjang mereka di media massa tidak diragukan lagi.

Di antaranya, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana, Pemimpin Redaksi Tugujatim.id Nurcholis MA Basyari, Koordinator Liputan Tugumalang.id Sujatmiko, dan berbagai mentor luar biasa lainnya.

Untuk diketahui, Tugu Media Goes to Campus merupakan agenda pemberdayaan pendidikan di bidang jurnalistik yang bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation, pabrik kosmetik terbesar di Indonesia yang memiliki label halal. Meliputi Wardah, Emina, Make Over, Putri, dan Kahf.

Sementara itu, pelatihan Tugu Media Goes to Campus bersama 4 PTN di Surabaya Raya meliputi UIN Sunan Ampel Surabaya, Unair Surabaya, Unesa, dan ITS Surabaya akan digelar pada Senin, 24 Mei 2021, pukul 08.00-13.00 WIB. Untuk pendaftarannya, Anda bisa mengakses link berikut: http://bit.ly/SeminarJurnalisSurabaya.

 

  • Bagikan