Turun ke Jalan, 25 Anggota Himapak’s Unirow Tuban “Open Donation” bagi Korban Banjir di Kalsel

  • Bagikan
Saat Himapak'a Unirow melakukan galang dana di Jalan Letda Sucipto, Tuban, untuk korban banjir di Kalsel. (Foto:Rochim/Tugu Jatim)
Saat Himapak'a Unirow melakukan galang dana di Jalan Letda Sucipto, Tuban, untuk korban banjir di Kalsel. (Foto:Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kepedulian para mahasiswa atas bencana yang terjadi di Indonesia menggerakkan mereka untuk meringankan beban masyarakat melalui open donation. Salah satu realisasinya seperti yang dilakukan Himapak’s Unirow ini.

Meski hujan deras mengguyur, tidak menyurutkan semangat Himpunan Mahasiswa Perikanan dan Kelautan Sejati (Himapak’s) Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban untuk tetap menggalang dana bagi korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Minggu (24/01/2021).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Atas rasa kepedulian tersebut, kurang lebih 25 mahasiswa melakukan open donation di beberapa sudut lampu merah di sepanjang Jalan Pemuda, persimpangan Patung Letda Sucipto dan perempatan Karang Waru.

Koordinator lapangan (korlap) open donation Doni Utomo mengatakan, kegiatan pagi ini adalah wujud kepedulian mahasiswa untuk sesama dalam meringankan beban akibat bencana di sejumlah daerah, terutama fokus tujuannya kepada korban banjir di Kalsel.

“Adanya bencana banjir di Kalimantan Selatan itu menambah kesedihan atas pandemi Covid-19 kurang lebih setahun ini,” ucapnya.

Himpunan Mahasiswa Perikanan dan Kelautan Sejati (Himapak's) Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban membantu korban banjir di Kalsel. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Himpunan Mahasiswa Perikanan dan Kelautan Sejati (Himapak’s) Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban membantu korban banjir di Kalsel. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

Lebih lanjut Doni menuturkan, antusias dan semangat mahasiswa untuk menggalang dana itu dilandasi atas keperhatinan dengan kondisi yang tengah dialami rakyat Indonesia.

“Hujan bukan hambatan, kami berangkat dengan niat membantu sesama. Dampak Covid-19 belum usai, ditambah bencana seperti ini, kami harus saling membantu demi bisa melihat senyum mereka lagi,” ujarnya.

Di lain tempat, Rizki Maulana selaku ketua Himapak’s Unirow Tuban, menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kepekaan terhadap kondisi sosial ini menjadi kewajiban mutlak bagi mahasiswa.

“Membantu meringankan beban saudara kita yang terdampak bencana alam di seluruh wilayah Indonesia sekaligus memperkenalkan Himapak’s kepada seluruh masyarakat bahwa mahasiswa memiliki peranan sosial yang bisa dibilang baik,” tandasnya.

Perlu diketahui, semua anggota Himapak’s disebarkan di 3 titik aksi untuk menggalang dana. Hasil dari kegiatan itu nanti akan disalurkan melalui dosen Kelautan Arif Tribina selaku koordinator penyaluran di Tuban. (Mochamad Abdurrochim/ln)

  • Bagikan