Uji Coba, Penyekatan di Pos Pendem Kota Batu Kembali Dibuka! - Tugujatim.id

Uji Coba, Penyekatan di Pos Pendem Kota Batu Kembali Dibuka!

  • Bagikan
Tampak tak ada road barrrier yang biasanya dipasang di pos pertigaan Pendem Kota Batu. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Tampak tak ada road barrrier yang biasanya dipasang di pos pertigaan Pendem Kota Batu. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Lakukan uji coba, akhirnya pengendara yang melintas di pertigaan Pos Pendem Kota Batu bisa lancar melintasinya. Sebab, penyekatan lalu lintas di gerbang masuk Kota Batu itu mulai dibuka.

Pengendara kini bisa bebas melenggang keluar masuk tanpa harus sulit-sulit putar balik. Namun, dibukanya sekat ini hanya akan berlangsung selama sepekan ke depan.

Pantauan reporter pada Rabu (13/10/2021), arus lalu lintas di sana sejak tidak dipasangi road barrier terlihat lebih lancar dari biasanya. Sebab, biasanya banyak kendaraan yang ingin menuju ke arah Kota Batu harus putar balik terlebih dulu sehingga kerap membuat macet.

Kasatlantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani menuturkan, uji coba pembukaan penyekatan ini dilakukan mengingat banyak pengaduan masyarakat di wilayah Pendem. Mereka memberi saran agar barrier dibuka demi pertimbangan keselamatan pengendara.

”Karena selama ini banyak pengendara yang putar balik tak jauh dari barrier dan cukup berbahaya. Ya dan akhirnya kami uji coba buka dan akan dilihat evaluasinya selama sepekan ke depan,” kata dia saat dikonfirmasi Rabu (13/10/2021).

Dia mengatakan, uji coba ini resmi dilakukan sejak Senin (11/10/2021). Sebenarnya, Polres Batu masih akan tetap melakukan penyekatan ini untuk membatasi mobilitas kendaraan masuk, mengingat situasi Covid-19 di Kota Batu dalam Surat Inmendagri No.42/2021 masih di Level 3.

Meski begitu, bukan berarti penyekatan ini mengacu pada situasi tersebut. Indah mengatakan, penyekatan ini lebih untuk mengurangi tingkat kemacetan. Terlebih dalam sebulan ini terjadi peningkatan eskalase hingga 50 persen, khususnya di akhir pekan.

”Banyak pengendara saat crossing itu tidak mau saling mengalah dan akhirnya terjadi kemacetan panjang. Dengan sekat itu kan akhirnya arus lalu lintas terbagi, tidak semua lewat di jalur utama,” jelasnya.

Jadi, di satu sisi penyekatan ini menurut dia cukup efektif untuk membatasi mobilitas kendaraan masuk. Indah mengatakan, uji coba pembukaan hanya dilakukan di Pos Pendem. Untuk 3 titik rekayasa lalin lainnya mulai di Alun-Alun Kota Batu, Jalan WR Supratman, dan Simpang Tiga Jalan Dewi Sartika masih ditutup.

”Pelonggaran masih kami lihat dulu situasinya. Apalagi alun-alun kan juga masih tutup. Jadi, yang kami uji coba buka hanya di Pendem saja. Nanti kami lihat evaluasi dan perkembangan lebih lanjut,” ujarnya.

  • Bagikan