News  

Update BPBD Kota Malang: 39 Rumah Warga Terdampak Angin Puting Beliung

BPBD Kota Malang. (Foto: BPBD Kota Malang/Tugu Jatim)
Atap rumah warga terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi di Kota Malang, Sabtu (13/08/2022). (Foto: BPBD Kota Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Cuaca ekstrem mulai angin puting beliung, hujan lebat, dan angin kencang di Kota Malang ternyata membawa dampak yang cukup besar pada Sabtu (13/08/2022). BPBD Kota Malang pun mencatat 39 rumah warga mengalami kerusakan.

Akibat cuaca ekstrem itu, 5 pohon juga tumbang. Bahkan, beberapa di antaranya menimpa 2 mobil dan pagar dinding sekolah. Dampaknya tersebar di 3 kecamatan, yakni Sukun, Klojen, dan Kedungkandang.

“Rumah-rumah penduduk sudah diinventarisasi. Data tersebut sudah ada dan kami laporkan ke Wali Kota (Sutiaji, red),” kata Plt Kepala BPBD Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni.

BPBD Kota Malang. (Foto: BPBD Kota Malang/Tugu Jatim)
Rumah terdampak cuaca ekstrem pada Sabtu (13/08/2022). (Foto: BPBD Kota Malang)

Dia mengatakan, 39 rumah warga yang terdampak angin puting beliung mayoritas mengalami kerusakan pada bagian atap, baik rusak ringan hingga sedang.

“Kerusakan parah itu yang kena puting beliung, teras dan atapnya rusak. Dan 5 rumah di antaranya butuh bantuan terpal (rusak sedang). Lainnya (34 rumah) rusak ringan, seperti genteng melorot dan lain-lainnya,” imbuhnya.

BPBD Kota Malang. (Foto: BPBD Kota Malang/Tugu Jatim)
Petugas mengevakuasi pohon yang tumbang dan menimpa dua mobil di Kota Malang, Sabtu (13/08/2022), usai diterjang hujan lebat dan angin kencang. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)

Dia memastikan tak ada korban luka maupun korban jiwa akibat kejadian itu. Pihaknya masih terus mendata kerusakan yang terjadi akibat puting beliung itu.

Tentunya, dia mengatakan, pohon-pohon yang tumbang telah dievakuasi. Dia juga mengimbau warga untuk waspada terhadap cuaca ekstrem dan pohon tumbang.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim