Usulan CPNS Tahun 2021 Kabupaten Tuban Didominasi Tenaga Guru - Tugujatim.id

Usulan CPNS Tahun 2021 Kabupaten Tuban Didominasi Tenaga Guru

  • Bagikan
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Tuban, M. Nur Hasan. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim) formasi guru cpns tuban
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Tuban, M. Nur Hasan. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tampaknya cukup memperhitungkan dalam mengusulkan formasi CPNS tahun 2021. Meski kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mencapai ribuan, namun yang diusulkan hanya 512. Di mana mana hal tersebut masih jauh dari kata ideal jika menyesuaikan kebutuhan.

Apalagi, berkaca pada kebutuhan guru yang mencapai ribuan. Tiap tahunnya ratusan guru PNS pensiun. Sedangkan untuk mencukupi hal itu, tenaga pendidik banyak dibantu dengan Guru Tidak Tetap (GTT) atau honorer.

Data yang berhasil dihimpun Tugu Jatim pada formasi 2019, lowongan CPNS yang dibuka sekitar 409. Di mana 99 lowongan di antaranya untuk guru, sedangkan sisanya tenaga teknis, kehatan dan yang lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Tuban, M. Nur Hasan mengungkapkan jika pada formasi tahun 2021 ini juga mengusulkan beberapa yang belum tertampung pada tahun sebelumnya.

Sedangkan kebutuhan yang paling tinggi sekitar 60 persen dialokasikan untuk guru, kemudian kesehatan, tenaga teknis, dan sisanya formasi lain.

“Kita masih menunggu lebih lanjut dari pusat,” kata M. Nur Hasan.

Selain itu, di tahun ini juga akan diusulkan 700 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemkab Tuban. Kendati demikian, kebutuhan ini melihat kekuatan keuangan daerah. Sedangkan beberapa hari yang lalu, bupati menyerahkan SK kepada 232 pegawai. (Mochamad Abdurrochim/gg)

  • Bagikan