UTBK di Bulan Ramadan? Persiapkan Diri dengan 5 Hal Berikut! - Tugujatim.id

UTBK di Bulan Ramadan? Persiapkan Diri dengan 5 Hal Berikut!

  • Bagikan
Ilustrasi UTBK SBMPTN 2021 Gelombang Pertama. (Foto: Unsplash)
Ilustrasi UTBK SBMPTN 2021 Gelombang Pertama. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-SBMPTN 2021 gelombang 1 terlaksana sejak 12 April 2021 hingga 18 April 2021. Lalu untuk gelombang 2 akan digelar 26-30 April 2021 dan 1-4 Mei 2021. Jika menghitung bulan ramadhan UTBK tahun ini tentu bersamaan dengan datangnya bulan Ramadan.

Bagi umat muslim yang tengah menjalan ibadah puasa, bukan halangan untuk tetap maksimal dalam menjalankan UTBK. Persiapan yang paling utama tentu belajar, dan berdo’a. Namun di samping itu karena menjalani UTBK di tengah Ramadhan beberapa hal berikut ini juga harus dimaksimalkan.

1. Ikuti Aturan LTMPT

Seperti dilansir dari Instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada senin (12/4/2021), lima hal berikut merupakan tips saat hendak UTBK di bulan puasa 2021.

1. Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat. 2. Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu.
3. Sudah makan dan minum bagi yang tidak berpuasa. Bagi yang membawa makanan dan minuman, mohon hormati orang yang berpuasa.
4. Bawa seluruh dokumen yang disyaratkan.
5. Pastikan menggunakan masker (wajib), face shield (dianjurkan) dan sarung tangan (jika diinginkan).

2. Makan Sahur dengan Makanan Bergizi

Tips yang pertama yaitu makan sahur dengan asupan gizi yang seimbang. Misalnya saat sahur makan buah atau sayuran yang tidak gampang membuat perut terasa lapar. Penting juga saat sahur minum minuman bervitamin agar lebih bersemangat pada pagi hari.

3. Memaksimalkan Tenaga

Memaksimalkan tenaga artinya istirahat yang cukup dan teratur saat akan melakukan UTBK. Saat pelaksanaan tidak terlalu banyak menggunakan tenaga untuk hal yang kurang penting seperti bercanda, atau yang lain. Sehingga saat mengerjakan tes UTBK bisa konsentrasi penuh dan tidak terasa capek.

4. Menyimpan Dokumen Pada Satu Map

Tips selanjutnya agar tidak bingung saat petugas melakukan pengecekan di ruang ujian UTBK, sebaiknya simpan dokumen pada satu map. Sebaiknya persiapan ini dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan, agar saat hari pelaksanaan semua dokumen sudah terkumpul jadi satu map, dan tidak bingung mencari. Dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

Berikut daftar dokumen yang disyaratkan saat tes UTBK 2021 oleh LTMPT:

1. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021.
2. Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi bagi Lulusan 2021 dan 2020, atau
3. Surat keterangan Kelas 12 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, serta berisi nama siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah dan pasfoto berwarna siswa terbaru (ukuran bebas).
4. Identitas diri lain seperti KTP/ SIM/ Kartu Pelajar.

5. Patuhi Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan yang dianjurkan sebagaimana pada laman LTMPT yaitu mengikuti prosedur pemeriksaan kesehatan pencegahan Covid-19 yang dilakukan panitia pusat UTBK PTN. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Di samping itu, diharapkan peserta dipersilahkan menuju ruang ujian dengan tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Jangan masuk ruang ujian, jika belum ada instruksi dari pengawas ruang.

Itulah lima tips yang bisa membantumu saat melaksanakan UTBK di tengah ramadhan. Semoga tetap bersemangat, dan diberikan hasil terbaik.

 

  • Bagikan