Vaksinasi Anak Usia 6-12 Tahun di Kabupaten Pasuruan Dimulai, Bupati Gus Irsyad Sasar 146.187 Pelajar - Tugujatim.id

Vaksinasi Anak Usia 6-12 Tahun di Kabupaten Pasuruan Dimulai, Bupati Gus Irsyad Sasar 146.187 Pelajar

  • Bagikan
Vaksinasi anak. (Foto: Humas Pemkab Pasuruan/Tugu Jatim)
Bupati Pasuruan Gus Irsyad saat meninjau vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN Martapuro. (Foto: Humas Pemkab Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Vaksinasi anak usia 6-12 tahun di Kabupaten Pasuruan dimulai serentak pada Kamis (06/01/2022). Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Wabup Pasuruan KH Abdul Mujib Imron meninjau hari pertama pelaksanaan vaksinasi di tiga sekolah. Mulai dari SDN Purwosari 1, SDN Martopuro 1, hingga ke MI Bustanul Ulum.

Berdasarkan data, ada sekitar 146.187 anak usia 6-12 tahun di Kabupaten Pasuruan yang jadi sasaran vaksinasi. Gus Irsyad menargetkan seluruh pelajar tersebut selesai divaksin selama 1-2 bulan ke depan.

“Kami targetkan paling cepat 1 bulan dan paling lama 2 bulan bisa selesai. Karena kami tidak bisa memaksa anak agar mau divaksin. Harus diyakinkan dulu, kalau mau tinggal nunggu persetujuan orang tua. Baru vaksin diberikan,” ujarnya.

Dia mengatakan, terlihat beberapa anak masih takut ketika hendak divaksin. Untuk menghibur mereka, Gus Irsyad memberikan semangat kepada pelajar SD tersebut saat vaksinasi anak. Menurut adik dari Gus Ipul tersebut, rasa takut anak-anak ketika divaksin adalah hal yang lumrah.

Karena itu, para tenaga medis harus sabar memberikan pendampingan bersama wali kelas dan wali murid yang turut dihadirkan untuk menemani anaknya.

“Perlakuan saat vaksinasi anak jangan disamakan dengan orang dewasa. Karena itu, semisal ada yang tidak mau divaksin, ya jangan dipaksa. Biarkan saja sampai orang tuanya bisa membujuk anaknya agar mau disuntik,” imbuhnya.

Gus Irsyad juga menyebarkan jajaran forkopimda, termasuk sekda, kepala OPD, hingga camat untuk turut serta memantau pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-12 tahun di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

“Saya ingin tahu selama satu hari ini, kira-kita apa saja kendala yang dihadapi terkait vaksinasi anak. Makanya saya instruksikan semua agar berpencar ke setiap 24 kecamatan untuk melakukan sampling,” ujarnya.

  • Bagikan