Vaksinasi Booster Kota Malang Tetap Digelar Saat Ramadhan

Vaksinasi Booster Kota Malang Tetap Digelar Saat Ramadhan

  • Bagikan
Vaksinator menyiapkan vaksin booster di Kota Malang.
Vaksinator menyiapkan vaksin booster di Kota Malang. (Foto: M Sholeh)

MALANG, Tugujatim.id– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang memastikan bahwa vaksinasi booster tetap digelar saat Ramadhan 2022. Hal ini dilakukan karena capaian vaksinasi tahap 3 di Kota Dingin ini masih 25,21 persen.

dr Husnul Muarif, Kepala Dinkes Kota Malang, mengatakan bahwa di beberapa fasilitas kesehatan Kota Malang tetap melayani vaksinasi pada jam kerja.

“Vaksinasi untuk di puskesmas atau klinik tetap dilakukan di hari kerja dan jam kerja. Mulai Senin sampai Jumat, antara jam 08.00 sampai 12.00 WIB,” kata dr. Husnul Muarif pada Senin (4/4/2022).

Penyaluran vaksinasi dari pemerintah pusat, menurut Husnul, masih sangat terbatas. Oleh karena itu, pihaknya hanya bisa mengoptimalkan ketersediaan vaksin yang ada.

“Sekarang vaksinasinya masih pakai pfizer dan moderna. Ini kita juga mintakan untuk astrazeneca juga. Kalau sisanya (di Dinkes) sudah gak ada, sudah kami distribusikan semua ke faskes,” ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya juga tengah mengupayakan adanya penyelenggaraan vaksinasi booster di malam hari saat Ramadhan. Hal itu dilakukan untuk menghormati masyarakat muslim yang berkeyakinan bahwa vaksinasi membatalkan puasa.

Pihaknya saat ini juga tengah melakukan perhitungan kemampuan vaksinator untuk menjalankan vaksinasi malam hari. Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan vaksinasi malam akan mulai digelar.

“Jadi vaksinasi malam hari karena memang beberapa ada yang punya keyakinan kalau puasa itu tidak boleh divaksin,” ungkapnya.

“Bagi mereka yang berkeyakinan masih belum bisa vaksin, itu yang kita upayakan untuk vaksin di sore atau malam hari,” tandasnya.


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan