Viral! Warga Berkerumun saat Upacara Kemerdekaan RI Ke-76 di Pasar Kandangan Kediri - Tugujatim.id

Viral! Warga Berkerumun saat Upacara Kemerdekaan RI Ke-76 di Pasar Kandangan Kediri

  • Bagikan
Video viral upacara bendera memperingati HUT RI ke-76 di Pasar Kandangan, Kediri, Senin (17/08/2021). (Foto: IG @infokediriraya/Tugu Jatim)
Video viral upacara bendera memperingati HUT RI ke-76 di Pasar Kandangan, Kediri, Senin (17/08/2021). (Foto: IG @infokediriraya)

KEDIRI, Tugujatim.id – Viral upacara bendera untuk memperingati HUT RI ke-76 yang menjadi sorotan netizen di Pasar Kandangan, Kediri, pada Senin (17/08/2021). Hal itu terlihat dari video berdurasi 59 detik dari akun Instagram @infokediriraya yang menunjukkan adanya kerumunan warga saat upacara bendera di tengah jalan sekitar Pasar Kandangan, Kabupaten Kediri.

Tampak dalam video tersebut, warga berbanjar dan bersaf-saf siap mengikuti upacara tersebut. Bahkan, warga juga menyiapkan pengeras suara berupa sound system selama upacara berlangsung. Bahkan, lagu Indonesia Raya juga berkumandang melalui sound system yang sudah disiapkan oleh penyelenggara.

Dikonfirmasi terkait kerumunan itu, Kapolsek Kandangan Iptu Gatot Pesantoro mengaku memang ada izin dari Polsek Kandangan kepada penyelenggara kegiatan. Dia menjelaskan, penyelenggaranya ialah dari komunitas lintas pedagang, pekerja, dan tukang ojek yang ada di Pasar Kandangan.

“Iya ada izinnya, tapi kami sudah beri arahan prokesnya,” terang Gatot.

Dia mengakui bahwa tidak mengikuti kegiatan upacara di lokasi tersebut bersama warga. Menurut dia, kegiatan tersebut dinilai mempunyai tujuan yang baik, yakni untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

“Itu dari komunitas saja,” imbuhnya.

Apabila dilihat komentar dari video itu, ada beragam jenis komentar. Misalnya dari akun @titin_723, dia menuliskan sepenggal lirik lagu Indonesia Raya. “Hiduplah Tanahku, Hiduplah Negeriku, Bangsaku Rakyatku. Semuanya,” tulisnya.

Tak hanya itu, ada netizen lain yang menanyakan kegiatan apa, ini tidak disebut kerumunan.

“Ga diitung kerumunan iki?” tulis @citra_2gbs di IG @infokediriraya.

  • Bagikan