Wali Kota Malang Sutiaji Siap Jadi Orang Pertama yang Divaksin

  • Bagikan
Wali Kota Malang Sutiaji siap yang pertama untuk divaksin. (Foto: Fen)

MALANG, Tugujatim.id- Menyusul pendistribusian vaksin Covid-19 yang akan segera dilakukan ke beberapa daerah, Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan siap menjadi orang pertama di Kota Malang yang akan divaksin.

“Iya, asalkan masuk kriteria, saya siap, Pak Sekretaris Daerah (Sekda) juga siap,” kata Sutiaji.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Selain untuk menyukseskan program vaksinasi nasional, hal tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap vaksin Covid-19.

Diketahui, proses vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Di mana penerima vaksin tahap pertama untuk tenaga kesehatan, tahap kedua untuk petugas yang bertugas di pelayanan publik maupun TNI/Polri, dan ketiga adalah masyarakat yang rentan, serta keempat adalah masyarakat lainnya.

Menyambut kesiapan itu, Dinas Kesehatan Kota Malang telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait jumlah orang akan didaftarkan untuk menjalani vaksinasi.

Data sementara, ada sekitar 1.034 tenaga kesehatan siap divaksinasi. Jumlah tersebut berasal dari seluruh Puskesmas Kota Malang dan RSUD Kedungkandang. Angka tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah lantaran pendataan masih terus dilakukan.

Kendati vaksin sudah tersedia, Sutiaji tetap mengimbau agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Mulai dari tetap mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan. (fen/ln)

  • Bagikan