Waspada! 4 Hal Ini Bisa Buat Puasamu Sia-sia - Tugujatim.id

Waspada! 4 Hal Ini Bisa Buat Puasamu Sia-sia

  • Bagikan
Bergosip adalah salah satu perbuatan yang bisa menyebabkan puasa menjadi sia-sia. (Foto: Freepik)
Bergosip adalah salah satu perbuatan yang bisa menyebabkan puasa menjadi sia-sia. (Foto: Freepik)

Tugujatim.id – Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib yang dilaksanakan oleh setiap umat muslim pada bulan Ramadhan. Meski merupakan kewajiban, namun para umat muslim juga pasti mengharap pahala untuk menghapus dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Karena menurut riwayat Al-Bukhari dan Muslim, barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan berharap pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Namun, tahukah Anda jika ada beberapa hal yang akan membuat puasa menjadi sia-sia? Puasa sia-sia adalah saat dimana kita hanya mendapat lapar dan haus tanpa mendapat pahala. Bahkan ada beberapa penyebaba puasa sia-sia yang sering tidak disadari, loh. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, simak baik-baik.

1. Bergunjing/Bergosip

Bergunjing atau membicarakan keburukan orang lain ini sebenarnya haram untuk dilakukan, entah itu saat sedang berpuasa maupun tidak. Maka dari itu pahala puasa bisa hangus saat Anda bergunjing selagi berpuasa. Allah juga telah memperingatkan dalam firman-Nya bahwa ia membenci perilaku tersebut. Perilaku tersebut mudah kok dihindari, seperti menjauhi orang yang sedang bergunjing dan melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

2. Berbohong

Berbohong adalah salah satu penyebab puasa menjadi sia-sia. Berbohong memang suatu perbuatan yang tidak baik dilakukan, baik itu saat puasa maupun tidak. Tak hanya merugikan orang lain, namun berbohong juga bisa merugikan diri sendiri. Berbohong dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh seperti stres dan gangguan kecemasan lain karena pembohong akan merasa gelisah serta memikul beban emosial setelah berbohong. Jadi yuk, hindari sikap berbohong mulai sekarang.

3. Tidak Ikhlas Berpuasa

Selain untuk beribadah, puasa juga sebagai saran pembelajaran manusia agar bersikap lebih ikhlas. Orang-orang yang berpuasa tanpa dilandasi keimanan dan mengharapkan ridho serta pahala dari Allah, hanya mendapatkan rasa lapar dan haus. Selain tidak mendapat pahala, mereka juga bisa kehilangan kesempatan untuk dihapuskannya dosa-dosa yang telah lalu.

4. Berkata Kotor dan Kasar

Perkataan kotor dan kasar seperti umpatan merupakan perbuatan yang juga dibenci oleh Allah. Karenanya, di bulan suci ini, perkataan tersebut dapat menghilangkan pahala puasa. Tak hanya berkata secara langsung, namun berkata kotor serta kasar secara daring juga sama. Selain itu, mengatakan hal buruk kepada orang lain dan mencelanya juga memiliki hukum yang sama seperti berbicara kotor saat puasa.

Karena saat berpuasa, umat muslim dilatih untuk bersikap sabar. Jadi, jangan lupa untuk menjaga ucapan dan ketikan di bulan puasa, ya. Selain itu, terlalu banyak bermain sosial media juga tidak baik di bulan ini, karena itu berarti Anda tidak memanfaat bulan Ramadhan dengan baik. Isi waktu dengan hal lain yang bermanfaat seperti beribadah.

Nah, itu dia 4 hal yang harus dihindari saat berpuasa agar mendapat pahala puasa. Puasa memang tak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menjaga sikap dan ucapan. Semangat berpuasa!

  • Bagikan