10 Makanan yang Bisa Bantu Kembalikan Mood Anda

  • Bagikan
Ilustrasi makanan sehat yang bisa membantu mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi makanan sehat yang bisa membantu mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Anda Stres? Hal tersebut wajar dan sering dialami oleh kebanyakan orang. Tetapi kadang-kadang serangan stres sulit untuk dihindari, stres kronis contohnya bisa beresiko serius pada kesehatan fisik dan emosional.

Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari Healthline, 10 makanan dan minuman ini mungkin memiliki kualitas melemahkan stres dan membantu ke diet Anda.

1. Matcha bubuk

Ini merupakan bubuk teh hijau yang terkenal diantara para penggemar kesehatan karena kaya akan L-theanine, asam amino yang tidak protein dengan kekuatan melemahkan stres.

Matcha adalah sumber asam amino ini lebih baik daripada jenis lain teh hijau, karena itu dibuat dari daun teh hijau tumbuh di teduh. Proses ini meningkatkan isi beberapa senyawa, termasuk L-theanine. Kedua studi manusia dan hewan menunjukkan bahwa matcha dapat mengurangi stres jika isinya L-theanin cukup tinggi dan kafeinnya rendah.

Misalnya, dalam studi 15 hari, 36 orang makan kue berisi 4,5 gram bubuk matcha setiap hari. Mereka mengalami aktivitas signifikan mengurangi marker stres salivar alpha-amylase, dibandingkan dengan kelompok placebo.

2. Swiss chard

Swiss chard adalah sayuran hijau berdaun yang dikemas dengan bahan nutrisi yang bertekanan.

Hanya 1 cangkir (175 gram) dimasak Swiss chard mengandung 36% dari peningkatan yang dianjurkan untuk magnesium, yang memainkan peran penting dalam respon stres tubuh Anda. Tingkat rendah mineral ini terkait dengan kondisi seperti kecemasan dan serangan panik. Plus, stres kronis dapat mengurangi magnesia toko tubuh Anda, membuat mineral ini sangat penting ketika Anda stres.

3. Kentang manis

Kentang manis yang kaya akan nutrisi dan sumber karbo seperti dapat membantu mengurangi tingkat hormon stres cortisol.

Sebuah studi 8 minggu pada wanita dengan berat badan berlebihan atau obesitas menemukan bahwa orang-orang yang makan makanan kaya dengan karbon yang bergizi secara total memiliki tingkat lebih rendah salivar cortisol dibanding orang-orang yang mengikuti diet standar Amerika tinggi karbon disempurnakan.

4. Kimchi

Kimchi adalah hidangan sayuran fermentasi yang biasanya dibuat dengan napa kubis dan daikon, jenis lobak. Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri yang baik disebut probiotika dan tinggi dalam vitamin, mineral, dan antioxidan.

Penelitian mengungkapkan bahwa makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Sebagai contoh, dalam studi pada 710 orang dewasa muda, mereka yang makan makanan fermentasi lebih sering mengalami kurang gejala kecemasan sosialsosial.

5. Organ daging

Organ daging, yang termasuk jantung, hati, dan ginjal hewan seperti sapi dan ayam, adalah sumber yang sangat baik vitamin B, terutama B12, B6, riboflavin, dan folat, yang penting untuk kontrol stres.

Misalnya, vitamin B diperlukan untuk memproduksi neurotransmitter seperti dopamine dan serotonin, yang membantu mengatur suasana hati. Mengisi vitamin B atau makan makanan seperti organ daging dapat membantu mengurangi stres.

6. Telur

Telur sering disebut sebagai multivitamin alam karena profil nutrisi yang mengesankan. Telur utuh dikemas dengan vitamin, mineral, amino asam, dan antioxidan yang diperlukan untuk respon stres yang sehat.

Telur utuh sangat kaya kolin, nutrisi yang ditemukan dalam jumlah besar hanya dalam beberapa makanan. Koline telah dibukti untuk memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan dapat melindungi dari stres.

Studi di hewan mencatat bahwa cholin suplemen dapat membantu respon stres dan meningkatkan suasana hati.

7. Ikan gemuk

Ikan gemuk seperti mackerel, haring, salmon, dan sarden sangat kaya Omega-3 lemak dan vitamin D, nutrisi yang telah dilihat untuk membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh Anda menangani stres. Bahkan, rendah asap omega-3 terkait dengan kengerian dan depresi yang meningkat di populasi Barat.

Vitamin D juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres. Tingkat rendah yang terkait dengan risiko yang lebih tinggi kecemasan dan depresi.

8. Brokoli

sayuran crucifer seperti brokoli terkenal untuk manfaat kesehatan mereka. Sebuah makanan yang kaya dengan sayuran salib mungkin mengurangi risiko Anda dari kanker tertentu, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Sayuran cruciferi seperti brokoli adalah salah satu sumber makanan yang paling terkonsentrasi beberapa nutrisi – termasuk magnesia, vitamin C, dan folat – yang telah terbukti untuk melawan gejala depresi.

Brokoli juga kaya dalam sulforafane, senyawa sulfur yang memiliki sifat-sifat neuroprotektif dan dapat menawarkan efek menenangkan dan antidepresi. Selain itu, 1 cangkir (184 gram) brokoli dimasak lebih dari 20% DV untuk vitamin B6, yang lebih tinggi diikat dengan risiko yang lebih rendah kecemasan dan depresi di wanita.

9. Ayam

Ayam dikemas dengan vitamin dan mineral yang melawan stres, termasuk magnesio, potassium, vitamin B, zink, selenium, manganese, dan tembaga. Legum ini juga kaya L-triptophan, yang tubuh Anda butuhkan untuk menghasilkan neurotransmiter mengatur suasana hati.

10. Blueberry

Biru-berry yang terkait dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk suasana hati yang lebih baik. Berry ini tinggi dalam antioxidans flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi dan neuroprotective. Mereka dapat membantu mengurangi inflamasi yang berhubungan dengan stres dan melindungi dari kerusakan sel-sel yang berhubungan dengan stress.  Selain itu, studi telah menunjukkan bahwa makan makanan kaya flavonoid seperti blueberry dapat melindungi dari depresi dan meningkatkan suasana hati Anda.

Intinya banyak makanan berisi nutrisi yang dapat membantu Anda mengurangi stres. Matcha bubuk, ikan gemuk, kimchi, bawang dan brokoli hanya beberapa yang dapat membantu menghilangkan stres. Cobalah untuk memasukkan beberapa makanan dan minuman ini untuk membantu dietmu secara alami.

  • Bagikan