2.000 Nakes di Kota Batu Bakal Disuplai Vaksin Booster Moderna - Tugujatim.id

2.000 Nakes di Kota Batu Bakal Disuplai Vaksin Booster Moderna

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari. (Foto: M. Sholeh/Tugu Jatim)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari. (Foto: M. Sholeh/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Pemerintah RI akan memberikan vaksin dosis ketiga atau booster kepada para tenaga kesehatan (nakes). Jenis vaksin yang akan diberikan ini bernama moderna. Di Kota Batu juga menjadi salah satu daerah yang akan mendapat vaksin ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari mengatakan, masih menunggu instruksi dari pusat untuk vaksin dosis ketiga bagi para nakes. Pihaknya sudah siap dan hanya tinggal menyetorkan data.

”Dari Kemenkes belum ada kabar pendistribusiannya (kapan, red). Tentunya kami masih tahap pendataan. Ada sekitar 2.000 nakes di sini yang akan disasar vaksin moderna,” kata dia kepada awak media, Senin (02/08/2021).

Dengan adanya vaksin booster ini menjadi langkah mempercepat pembentukan herd immunity. Dia melanjutkan, kini masih mencapai 26,7 persen dari total seharusnya 70 persen total penduduk. Ditargetkan capaian ini bisa dibentuk pada Maret 2022.

Sementara itu, Kartika mengatakan, suplai vaksin di Kota Batu masih belum menyasar semuanya. Terakhir, sebaran vaksinasi terbantu dari program vaksin Kodim 0818 Kabupaten Malang-Batu dengan total distribusi vaksin dari TNI sekitar 1.370 dosis.

Tentu dengan adanya vaksin moderna ini, pihaknya berharap juga segera terdistribusikan di Kota Apel ini. Apalagi, para nakes memiliki risiko tinggi tertular virus.

”Sebagai booster itu tentunya akan menambah imunitas tubuh dan sangat penting karena tugas nakes menjadi garda terdepan ini yang paling berisiko,” ujarnya.

  • Bagikan