4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari untuk Sarapan - Tugujatim.id

4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari untuk Sarapan

  • Bagikan
Sereal, salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk sarapan. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Sereal, salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk sarapan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Seperti yang kita tahu, sarapan itu sangat penting untuk memulai hari. Banyak penelitian yang telah menunjukkan manfaat dari sarapan, seperti mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain itu, sarapan juga dapat meningkatkan energi dan kemampuan untuk lebih fokus dalam menjalani hari. Hal itu terjadi karena tubuh mendapat banyak nutrisi. Jadi, saat kita tidak menyarap, tidak ada nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, kita harus tahu bahwa ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan untuk sarapan. Yuk, simak 4 hal berikut ini!

1. Sereal

Tentu kita tahu bahwa sereal biasa digunakan sebagai salah satu makanan untuk sarapan. Namun ternyata, sereal tidak baik dikonsumsi karena kandungan gulanya. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi sereal akan lebih mudah jatuh sakit daripada mereka yang tidak makan sereal.

Dalam kemasan sereal, komposisi gula selalu berada di paling atas yang berarti komposisi terbesar dalam satu kotak sereal tersebut adalah gula. Kandungan gula pada sereal dapat menurunkan metobolisme yang membuat kita sulit untuk fokus.

2. Jus

Jus buah sangat tidak disarankan untuk sarapan. Karena dalam jus buah hanya mengandung sedikit jus dan banyak gula, terutama jus yang dijual dipasaran. Meminun jus buah dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat karena tidak ada lemak atau serat yang akan memperlambat penyerapan. Sehingga, terjadi lonjakan insulin dan penurunan gula darah yang akan membuatmu merasa lapar dan lelah. Jika kalian ingin minum jus buah sebagai menu sarapan, buatlah tanpa gula.

3. Kopi

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh The British Journal of Nutrition, minum kopi di pagi hari memiliki pengaruh yang tidak baik untuk kadar gula darah dan metabolisme tubuh. Sehingga kita akan cepat lapar dan memiliki risiko penyakit berbahaya lebih besar seperti diabetes.

4. Roti dan Mentega

Meskipun roti dan mentega tidak mengandung gula, namun tidak baik untuk dimakan saat sarapan. Karena, roti mengandung banyak karbohidrat dan sedikit serat yang dapat meningkatkan kadar gula naik dengan cepat. Selain itu, mentega mengandung lemak trans yang tidak sehat dan dapat meningkatkan risiko penyakit.

Nah, itu dia 4 makanan yang tidak baik dimakan pada pagi hari. Sarapan memang penting, namun penting juga untuk mengetahui makanan yang baik dan tidak untuk sarapan. Jadi, coba untuk hindari atau minimalkan konsumsi empat makanan tersebut agar hidup lebih sehat! (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan