4 Rekomendasi Beasiswa Kuliah Luar Negeri

4 Rekomendasi Beasiswa Kuliah Luar Negeri

  • Bagikan
Ilustrasi perayaan kelulusan mahasiswa kuliah di luar negeri/tugu jatim
Ilustrasi perayaan kelulusan mahasiswa kuliah di luar negeri. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Mendapat beasiswa kuliah di luar negeri adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Karena itu ada sebagian yang menjadi pemburu beasiswa (scholarship hunter). Nah, bagi para pencari beasiswa kuliah luar negeri, ini ada 4 rekomendasi untuk Anda.

1. Modern Japanese Studies Program (MJSP)

Bagi kalian yang tertarik belajar di negeri Sakura Jepang. Program ini membuka beasiswa untuk program kelas di beberapa kampus ternama di Jepang. Salah satunya Universitas Hokkaido.

Berfokus pada studi masyarakat dan budaya kontemporer Jepang, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. MJSP memberikan beasiswa hingga ¥1.2 Juta pertahun untuk mengakomodasi biaya studi dan kebutuhan mahasiswa. Pendaftaran gelombang pertama akan dibuka secara online mulai  26 Oktober sampai 17 November 2021. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui link hokudai.ac.jp.

2. Global Korea Scholarship (GKS)

GKS adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk pelajar internasional yang berminat menempuh pendidikan di Negeri Ginseng . Beasiswa ini tersedia untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3.

Selain biaya studi, GKS juga menanggung seluruh biaya kebutuhan selama menempuh pendidikan, seperti tiket pesawat, asuransi kesehatan, biaya akomodasi tempat tinggal, uang saku, biaya kursus bahasa Korea, hingga reward jika berhasil mendapatkan nilai sempurna dalam tes Korean Language Proficiency.  Berikut link untuk informasi lebih lengkap studyinkorea.go.kr.

3. KAIST International Student Scholarship

Pilihan beasiswa perguruan tinggi ternama di negeri Ginseng sangat beragam, selain GKS ada KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) International Student Scholarship yang juga rutin memberikan beasiswa. Beasiswa KAIST diperuntukan lulusan SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S1 pada sejumlah program studi.

Biaya yang diakomodasi mulai dari biaya pendidikan selama masa studi S1 hingga tunjangan hidup dan asuransi kesehatan nasional. Kampus ini berfokus pada bidang teknologi, sains, teknik, maupun bisnis sehingga KAIST tidak hanya ternama di Korea Selatan, tetapi juga masuk dalam peringkat Top 40 terbaik di dunia.

Agar kalian para pemburu beasiswa tidak ketinggalan info pendaftaran program ini, berikut adalah tautan resmi untuk situs website KAIST.

4. Jardine Scholarship

Kalian punya cita-cita kuliah di universitas ternama di dunia seperti University of Cambridge dan University of Oxford? Jardine Scholarship memberikan kesempatan tersebut untuk sekitar 352 pelajar setiap tahunnya.

Berdiri sejak 1982, Jardine Foundation memberikan  beasiswa penuh studi di Oxford University dan Cambridge University dengan cakupan beasiswa biaya penuh kuliah, biaya buku dan perlengkapan. Termasuk tiket pesawat pulang-pergi Indonesia-UK, keperluan visa, hingga tunjangan tahunan yang meliputi biaya tempat tinggal, makan, dan biaya insidentil lainnya.

Untuk informasi pembukaan dan pendaftaran berikut tautan situs resmi Jardine Scholarship.

  • Bagikan