4 Rekomendasi Tembakau bagi ‘Sekte’ Tingwe

  • Bagikan
Ilustrasi rekomendasi tembakau untuk rokok tingwe. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi rekomendasi tembakau untuk rokok tingwe. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Naiknya tarif cukai rokok atau cukai hasil tembakau (CHT) turut mempengaruhi harga rokok per bungkus. Naiknya harga membuat munculnya sebuah treng rokok tingwe atau nglinteng dewe. Jika dibahasa Indonesiakan, yakni melinting sendiri.

Ya, bahkan harga tembakau yang lumayan merakyat juga membuat tren rokok tingwe mulai menjamur sejak awal 2020.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Nah, Tugu Jatim mencoba mengumpulkan beberapa rekomendasi jenis tembakau alami yang kami rangkum dari situs Komunitas Kretek Indonesia. Apa saja?

1. Tembakau Srintil Temanggung

Tembakau Srintil adalah jenis tembakau berkualitas asal Kabupaten Temanggung, Tidak semua lahan pertanian tembakau di Temanggung muncul jenis tembakau srintil. Keberadaannya sangat langka, hanya di daerah tertentu dan berkat kearifan lokal.

Aroma madu yang kuat adalah daya tarik utama bagi tembakau yang berasal dari sisi timur Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Namun jangan kaget jika harganya sangat fantastis, mengingat rasa sebanding dengan harga.

2. Tembakau Tambeng

Tembakau tambeng adalah tembakau asal Besuki. Cita rasa kuat dan rajangan yang mempermudah saat tingwe menjadi keunggulannya.

Masyarakat Jawa Timur pasti tidak asing dengan tembakau tersebut, pasalnya tembakau tambeng tergolong mudah dijumpai dengan harga yang juga sopan di dompet.

3. Tembakau Darmawangi

Tembakau Darmawangi merupakan jenis yang memiliki aroma yang khas. Tembakau ini berasal dari tanah Pasundan, yaitu Kabupaten Sumedang.

Warna tembakau ini biasanya kuning coklat cerah. Rasanya sangat sopan di tenggorokan, sehingga cocok sekali untuk perokok yang menyukai rokok ringan. Wanginya sangat khas dan rasanya ringan tanpa campuran cengkeh dan saus rokok pun sudah hampir mirip dengan rokok putih buatan pabrik.

4. Tembakau Gayo

Pastinya sudah tidak asing dengan tembakau yang mempunyai khas hijau ini. Sepertin Namanya tembakau ini berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darusalam. Cita rasa tembakau ditentukan oleh rajangan. Tapi di jenis tembakau ini memiliki rajangan yang halus dan membuat rasanya pun menjadi ringan.

Tembakau ini memiliki wangi yang hampir mirip dengan 4.20, inilah yang menjadi penyebab kenapa gayo hijau diminati anak-anak muda. Walaupun begitu tembakau ini tidak memiliki efek seperti ganja dan legal untuk dikonsumsi.

Perlu dingat rokok tidak baik untuk kesehatan sehingga teman-teman lebih baik menjauhi, pastikan jaga selalu kesehatan. (Agus Setiawan/gg)

  • Bagikan