5 Aplikasi Memudahkan Mahasiswa Belajar Dari Rumah

5 Aplikasi Memudahkan Mahasiswa Belajar Dari Rumah

  • Bagikan
Virtual learning dengan menggunakan aplikasi tertentu/tugu jatim
Virtual learning dengan menggunakan aplikasi tertentu. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Pandemi Covid-19 belum mereda. Berbagai kegiatan terpaksa harus dilakukan dari rumah. Salah satunya proses belajar mengajar. Untuk memudahkan proses ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Berikut lima aplikasi yang cocok untuk belajar oline.

1. Evernote

Evernote memudahkan penggunanya dalam mencatat berbagai hal. Tidak hanya berupa tulisan, bisa juga melampirkan foto, merekam audio, dan melampirkan berbagai data lainnya. Aplikasi ini bisa digunkanan di semua gadget. Mulai dari Android, PC, iOS, Mac, dan lain-lain.

Ada juga versi premium untuk fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap. Selain lebih praktis, penggunaan Evernote juga menjadi salah satu upaya menghijaukan bumi, karena dengan aplikasi ini tidak perlu lagi menggunakan kertas untuk mencatat.

2. Unicheck

Unicheck merupakan sebuah situs cek plagiarisme online yang dipakai di kampus-kampus. Tidak hanya digunakan oleh mahasiswa, tetapi juga biasa digunakan oleh guru, penulis, termasuk editor.

Unicheck bisa diunduh pada gadget Android. Versi aplikasinya memudahkan untuk memindahkan tulisan dengan format yang berbeda-beda secara cepat. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengubah formatnya terlebih dahulu.

Bagi yang tidak menggunakan Android, Unicheck bisa diakses melalui situs webnya dan langsung copy-paste tulisan yang hendak dicek plagiasinya di kolomnya.

3. CamScanner

Semenjak pembelajaran daring dimulai, banyak sekali berkas-berkas berbentuk hardcopy yang harus dikirim secepatnya secara online. Nah, CamScanner ini sangat membantu, fungsi utamanya menyecan berkas-berkas dibutuhkan.

Menariknya, tidak hanya dokumen, kita bisa menyecan tulisan dosen hingga catatan kuliah melalui HP (handphone). Caranya cukup mudah, yaitu difoto, sesuaikan, dan print atau bagikan sesuai kebutuhan. Hasil scan yang keluar sangat jernih mirip dengan aslinya. Keren banget, kan?

4. Duolingo

Belajar dari rumah bukan berarti tidak bisa mempelajari hal-hal baru. Coba unduh aplikasi Duolingo. Aplikasi ini untuk belajar bahasa asing, mulai dari bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Italia, Korea, India, dan masih banyak lagi.

Materi pada aplikasi ini menggunakan gabungan audio dan visual. Ini Ppastinya lebih menyenangkan dan dan menggairahkan.

5. Organizze

Walaupun di rumah saja. Kita tidak boleh lupa untuk mengatur keuangan. Melalui Organizze, kita dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan, segaligus merencanakan tabungan. Selain itu, terdapat juga grafik pantauan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Laporan keuangan ini dapat dieksport ke dalam format excel.

Semoga aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu untuk tetap produktif selama pandemi, ya!

Penulis: Sesilia Sevia GunawanEditor: Herlianto. A
  • Bagikan