5 Fakta Bunga Melati, Simbol Pahlawan hingga Obat Radang - Tugujatim.id

5 Fakta Bunga Melati, Simbol Pahlawan hingga Obat Radang

  • Bagikan
Bunga melati yang banyak memiliki khasiat dan manfaat. (Foto: Pixabay)
Bunga melati yang banyak memiliki khasiat dan manfaat. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Bunga melati mempunyai aroma yang harum sekali. Bau wangi yang khas, membuat bunga melati banyak digemari, sebagian aroma melati dipakai menjadi parfum, sedangkan sarinya untuk keperluan kosmetik, perawatan, hingga menghaluskan kulit. Tugu Jatim berhasil merangkum 5 fakta menarik tentang bunga melati. Apa saja?

1. Melati Dipakai Lambang Pahlawan Bangsa

Ada yang menarik di nomer satu ini. Bunga melati seringkali dipakai sebagai lambang, simbol, atau tanda pahlawan bangsa yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan, gugur lalu meninggalkan aroma harum perjuangan. Hal itu ditunjukkan dari adanya lagu nasional yang berjudul ‘patriotik melati di tapal batas’ yang dibuat oleh Ismail Marzuki.

2. Melati Dijadikan Bunga Nasional, Menarik ya!

Pada tahun 1990, bunga melati ditetapkan sebagai bunga nasional di Indonesia dan dijuluki sebagai puspa bunga. Bersamaan dengan bunga anggrek bulan dan padma. Selain di Indonesia, bunga melati juga menjadi bunga nasional di beberapa negara seperti Hawai, Pakistan, Filipina, Suriah dan Thailand.

3. Sebagai Detoksifikasi dan Penurun Berat Badan

Bunga melati dapat dipakai sebagai detoksifikasi aman yang bisa dipakai oleh semua orang untuk menghilangkan racun, membersihkan tubuh dan menyegarkan kulit. Ekstrak melati apabila dimanfaatkan dengan optimal dapat dipakai sebagai penurun berat badan.

4. Bunga Melati Dipakai sebagai Aromaterapi

Kalau kalian mengamati betul berbagai komposisi dan jenis aromaterapi, pasti selalu ada aroma bunga melati. Aroma yang harum, sejuk, dan enak membuat melati dapat dipakai untuk menghilangkan ketegangan saraf, apatis, kecemasan, serta gangguan saraf yang lebih serius. Bisa juga dipakai untuk memerangi stress.

5. Bisa Dipakai untuk Melegakan Pernafasan

Bunga melati ternyata dapat dipakai untuk meredakan dan mengobati inflamasi atau radang. Sehingga dapat dipakai juga untuk melegakan pernafasan, caranya mencampurkan bunga melati ke dalam teh hangat, kemudian diminum secara teratur. Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh bunga yang berwarna putih, indah dan menawan ini.

Itulah 5 fakta bunga melati yang mungkin belum kalian ketahui, semoga artikel ringan ini dapat bermanfaat dan dapat berguna untuk pembaca.

  • Bagikan