5 Fakta Menarik Soal Kalajengking: Tubuh Bisa Bersinar, Bisa Hidup 25 Tahun - Tugujatim.id

5 Fakta Menarik Soal Kalajengking: Tubuh Bisa Bersinar, Bisa Hidup 25 Tahun

  • Bagikan
Kalajengking diketahui bisa bertahan hidup hingga 25 tahun. (Foto: Pixabay)
Kalajengking diketahui bisa bertahan hidup hingga 25 tahun. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kalajengking merupakan salah satu jenis serangga dari kelas ‘archnida’ yang dianggap sebagai hewan menyeramkan. Namun, bila terus diulik, ternyata harga racun dari kalajengkin amat tinggi, terhitung satu liter racun kalajengking sampai Rp 143 miliar per liter.

Menurut peneliti Zoologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syahfitri Anita Msi, mahalnya harga racun kalajengkin lantaran dapat dikembangkan menjadi berbagai macam obat. Akan tetapi, ketersediaannya terbatas. Satu ekor kalajengking sata maksimal hanya bisa meghasilkan 0,5 miligram racun. Namun, masih ada fakta unik lain yang sudah dirangkum Tugu Jatim.

1. Tidak Semua Kalajengking Berbahaya

Kalau kita amati, semua jenis kalajengking memang mempunyai racun. Akan tetapi, ada beberapa yang punya racun amat fatal untuk manusia. Dari jumlah total sebanyak 2.000 spesies kalajengking, ada 30-40 jenis yang diketahui mempunyai racun yang amat berbahaya karena bisa membunuh manusia dewasa. Salah satu contohnya, kalajengking yang mempunyai nama latin ‘centruroides’.

2. Tubuh Kalajengking Bisa Bersinar, Gaes!

Apabila di malam hari, terlihat sulit sekali menemukan kalajengking. Mengingat malam itu gelap, ditambah warna tubuh kalajengking juga dominan hitam. Namun, hal itu ternyata bisa terbantu ketika kita memakai senter ultraviolet. Menggunakan senter ultraviolet, tubuh kalajengking akan bersinar cerah dibanding lingkungan di sekitarnya. Inilah yang membuat kalajengking unik, di dalam tubuhnya ada semacam senyawa yang bisa dipakai untuk memantulkan cahaya.

3. Usia Kalajengking Bisa Sampai 25 Tahun!

Secara umum, usia serangga mempunyai usia pendek. Yaitu seminggu, dua minggu atau satu bulan. Namun, kalajengkin merupakan satu serangga yang berbeda, mampu hidup secara liar di alam hingga 3-8 tahun! Kalajengking dapat hidup lebih lama lagi ketika dipelihara di dalam kotak, usianya bisa sampai 25 tahun. Menarik sekali bukan?

4. Kalajengking Termasuk Hewan Purba

Kalau hewa purba yang kita ketahui adalah dinosaurus, reptil, ikan dan lain-lain, untuk serangga yang bernama kalajengking ini juga merupakan bagian dari hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Bukti fosil menunjukkan bahwa kalajengkin tidak banyak mengalami perubahan fisik sejak periode karbon pada 359 juta tahun yang lalu.

5. Kalajengking Punya 100 Jenis Racun

Ada satu jenis kalajengking yang populer, namanya adalah kalajengking ‘deathstalker’ atau kalajengking kuning israel. Menurut National Geohraphic, kalajengking itu bisa menyuntikkan 100 jenis racun yang berbeda pada si korban. Hal ini menjadi salah satu topik favorit untuk menjadi bahan penelitian.

Itulah 5 fakta mengenai kalajengking yang mungkin belum kalian ketahui. Kalajengking memang identik dengan racun mematikan, namun tidak semua kalajengking itu mempunyai racun yang berbahaya. Tapi, tetap harus hati-hati dan menjaga diri.

  • Bagikan