5 Fakta Perusahaan Tesla, Mobil Elektrik Tercepat di Dunia!

  • Bagikan
Mobil Tesla/Pixabay
Mobil Tesla/Pixabay

Tugujatim.id – Membahas soal perusahaan mobil elektrik populer di masa kontemporer bernama “Tesla“, teringat juga mengenai nama salah satu ilmuwan modern yaitu “Nikola Tesla”. Barangkali nama perusahaan mobil Tesla diambil dari nama sosok Nikola Tesla, si penemu beragam alat-alat futuristik seperti “tesla coil” dan “tesla death ray”.

Perusahaan mobil elektrik Tesla merupakan salah satu pabrik yang dapat memproduksi ragam mobil dengan kecepatan super tinggi. Knalpot dan mesin benar-benar hilang sehingga amat ramah lingkungan. Fasilitas yang hampir semua memakai sensor dan teknologi pusat kontrol yang ada di layar sentuh, membuat mobil ini minimalis, ringan, dan meluncur dengan nyaman.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Karena sangking menariknya membahas mobil Tesla, Tugu Jatim pun telah merangkum 5 fakta mengenai mobil ini. Apa saja ya…?

1. Ternyata Tesla Tidak Didirikan oleh Elon Musk!

Untuk Anda yang masih penasaran dengan Tesla, kali pertama perusahaan didirikan Martin Eberhard dan Marc Tapenning pada Juli 2003 silam. Bukan didirikan oleh Elon Musk.

Lalu pada Februari 2004, barulah sosok Elon Musk bergabung dalam jajaran direktur Tesla dengan mengucurkan dana pada Series A. Produksi pertama Tesla, yaitu Roadster pada 2006.

Dua tahun setelah itu atau tepatnya pada 2008, Elon Musk ditunjuk sebagai CEO hingga Tesla melantai di bursa saham NASDAQ pada 2010.

2. Tesla Ternyata Mobil Elektrik Tercepat dan Ternyaman di Dunia, Keren!

Tepatnya pada November 2017, mobil keluaran Tesla kali pertama bernama Roadster yang dinobatkan sebagai mobil elektrik paling cepat di dunia dengan akselerasi mencapai 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu 1,9 detik!

Untuk klasifikasi mobil ternyaman dari Tesla, diboyong oleh merek Model S yang dinobatkan oleh National Highway Traffic Safety Administration. Sempat dilakukan uji coba di jalan tol.

3. Hanya Enam Bagian Mobil Tesla yang Bisa Diganti

Mendapatkan mobil Tesla merupakan kebanggaan tersendiri. Tapi sebelum memilikinya, Anda perlu memesannya. Dalam proses pembelian mobil Tesla, ternyata pembeli dapat meng-custom bagian mobil melalui platform khusus.

Selain itu, Tesla jenis Model S paling tidak membutuhkan servis karena hanya ada enam bagian dari mobil itu yang bisa diganti secara reguler. Apa saja? Ada 4 ban dan 2 wiper kaca. Hanya 6 bagian itu. Untuk yang lainnya seperti rem, waktu gantinya cukup lama.

4. Total Kekayaan Perusahaan hingga Rp 11 Kuadriliun, Banyak Banget!

Melalui penghitungan pasar terbaru, Tesla menjadi perusahaan mobil termahal di dunia dengan nilai mencapai USD 805,71 miliar atau Rp 11,32 kuadriliun. Ada sebanyak 48 ribu karyawan atau pegawai yang bekerja di perusahaan Tesla.

Markas Tesla ada di Palo Alto, Amerika Serikat, sudah memproduksi 509,7 ribu kendaraan hingga 2020. Profit yang diperoleh Tesla sampai USD 31,53 miliar atau Rp 442,5 triliun pada 2020 lalu. Pasti di tahun ini sudah mengalami peningkatan lagi!

5. Kerja Sama dengan Indonesia?

Sejak tahun lalu (2020), Tesla mengembuskan beragam kabar bahwa akan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia. Awal tahun ini (2021), Tesla sempat sepakat akan melakukan investasi berupa baterai lithium.

Selain itu, mereka akan berupaya menyimpan sistem penyimpanan energi di Indonesia. Sistem penyimpanan itu semacam “powerbank” yang mempunyai daya hingga ratusan megawatt (MW). Tapi, apakah benar akan terjadi? Untuk nomor 5, kita tunggu faktanya ya…

Tugu Jatim sudah menyajikan 5 fakta menarik mengenai perusahaan mobil elektrik atau listrik bernama Tesla yang sedang populer dan banyak menjadi perbincangan warganet. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah informasi pembaca mengenai Tesla ya gaes… (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan