Jaga Hutan Kita yuk, Ini Alasannya...!

Jaga Hutan Kita yuk, Ini Alasannya…!

  • Bagikan
Ilustrasi hutan/Pixabay
Ilustrasi hutan/Pixabay

Tugujatim.id – Berbicara mengenai hutan, ini merupakan komponen terpenting bagi memproduksi oksigen atau O2 dan habitat alami dari jutaan spesies satwa dan tumbuhan yang ada di dunia.

Beragam upaya manusia untuk melakukan konservasi, pelestarian, dan perlindungan pada satwa dan lingkungan, tapi masih saja ada perburuan dan perusakan alam yang ujungnya hanya untuk menambah pundi-pundi uang tanpa mempertimbangkan dampak, akibat, maupun efek dari aktivitas destruktif tersebut.

Inilah fakta yang sudah Tugu Jatim rangkum mengenai konservasi dan beragam hal yang berkaitan dengan hutan. Ada yang dijaga betul, ada juga fakta mengenai perilaku-perilaku manusia yang menimbulkan hewan-hewan punah, langka, dan tidak mempunyai masa depan hidup yang nyaman.

1. Sebanyak 30% dari Luas Bumi Diisi oleh Hutan

Jika dihitung secara komprehensif, 30% luas bumi dimiliki oleh hutan. Dari jenis hutan apa pun, seperti hutan tropis, boreal, dan lain-lainnya. Luas 30% itu dapat diibaratkan seperti perpaduan luas dari negara Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat. Namun, dari total luasnya hutan di seluruh dunia itu kita tetap perlu mengupayakan pencegahan, pelestarian, dan penjagaan dari berbagai perburuan ilegal yang dapat mengancam keberlangsungan hidup satwa dan tumbuhan di dalamnya.

2. Hutan Dekat Sungai Berfungsi untuk Filter Polutan

Ada sebagian sudut hutan yang berada di tepian sungai, justru situasi semacam itu dapat membawa fungsi tersendiri. Apakah itu? Hutan dapat dipakai sebagai filterisasi, penyaring, atau pemilah antara nutrisi dan polutan. Kemampuan filter ini juga dipakai untuk menyerap sedimen, mengubah kelebihan nutrisi, dan mengurangi polutan air atau udara di daerah tersebut. Konsentrasi nitrogen bakal berkurang hingga 90 persen diikuti fosfor hingga 50 persen.

3. Hutan Tropis Menjadi Rumah bagi 50% Fauna dan Flora di Dunia

Salah satu keanekaragaman hayati yang ada di bumi yaitu hutan. Hutan tropis, salah satunya. Hutan tropis menutupi bumi sekitar 7 persen wilayah, dari jumlah tersebut justru hutan tropis mampu menampung dan menjadi rumah tinggal nyaman bagi 50 persen bagi keseluruhan makhluk hidup, fauna, dan flora yang ada di bumi. Menakjubkan bukan? Hal itu mengindikasikan bahwa peran hutan tropis amat penting.

4. Hutan Hujan Menghasilkan 120 Resep Obat yang Tersebar di Seluruh Dunia

Selain itu, hutan hujan juga mempunyai peran yang signifikan bagi manusia. Apakah itu? Hutan hujan ternyata telah menghasilkan dan mempunyai setidaknya 120 resep obat untuk keberlangsungan hidup manusia, menyembuhkan beragam penyakit yang didera. Mulai dari obat kanker, asma, dan lain-lainnya. Jangan-jangan Anda baru tahu fakta ini?

5. “Global Forest Watch”, Platform untuk Mendata Informasi Hutan

Kemajuan teknologi makin apik. Mengenai hutan, berbagai informasi di dalamnya dapat dipantau lebih mudah menggunakan platform bernama “Global Forest Watch”. Memungkinkan untuk memproduksi kebijakan, penelitian para ilmuwan, keperluan lingkungan, dan melihat “deforestasi” secara “real time” saat itu juga. Selain itu, Google Earth juga membantu pengamatan soal hutan di dunia.

Wow, ternyata itulah -fakta-fakta mengenai konservasi hutan yang menarik untuk diikuti. Mengingat peran hutan amat vital bagi keberlangsungan hidup seluruh umat yang ada di dunia. Hutan menjadi penghasil oksigen dan hayati untuk konversi karbon menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk makhluk hidup. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan