5 Fakta soal Kaktus, Tidak Semua Berduri! - Tugujatim.id

5 Fakta soal Kaktus, Tidak Semua Berduri!

  • Bagikan
Ilustrasi kaktus/Pixabay
Ilustrasi kaktus/Pixabay

Tugujatim.id – Kaktus merupakan salah satu tanaman unik yang kita kenal. Bentuk anatomi tumbuhan itu menarik, hampir tidak ada daun, hanya ada duri dan batang saja. Namun, sebagian kaktus ternyata tidak berduri lho gaes.

Selain hidup di area tandus dan gersang, apalagi tanah yang kering bersama terik matahari yang panas, ternyata kaktus juga digunakan sebagai tanaman hias. Nah, agar mengetahuinya lebih detail, Tugu Jatim menyajikan 5 fakta soal kaktus. Apa sajakah itu?

1. Kaktus Kuat Bertahan Hidup

Habitat asli dari kaktus ialah padang luas yang gersang dan ada terik mataharinya. Hal itu justru membuat kaktus punya daya tahan hidup yang tinggi. Namun, yang unik justru tatkala pemilik tanaman hias kaktus terlalu banyak memberi air, kaktus akan membusuk dan akhirnya mati. Jadi, siram kaktus secukupnya saja ya…

2. Kamu Pernah Lihat Bunga Kaktus?

Ada sekian jenis kaktus yang ketika tumbuh selalu memunculkan bunga-bunga indah dan menawan. Ketika kaktus hias dirawat dengan baik, maka akan menghasilkan bunga. Sebut saja jenis kaktus Paradoia, Mammillaria, dan Gymnocalycum yang mempunyai bunga menonjol, mencolok, serta mentereng dibanding jenis kaktus lainnya.

3. Tidak Semua Kaktus Punya Duri Lho!

Kaktus yang berduri salah satunya yang hidup di gurun, padang tandus, dan tempat gersang. Namun, berbeda 180 derajat dengan kaktus hutan, justru jenisnya tidak memiliki duri. Bila membahas pemasarannya, kaktus duri justru banyak dijual untuk tanaman hias. Sedangkan kaktus hutan, masih jarang banget dijual.

4. Usia Kaktus Hias Bisa sampai 10 Tahun, Kaktus Liar Bahkan Ratusan Tahun

Walau hidup di area tandus dan terik matahari, kaktus justru punya rentang usia hidup amat panjang. Bisa sampai ratusan tahun menempati dan berdiam di tanah. Sedangkan untuk kaktus hias mampu mencapai rentang hidup 10 tahun. Wow, siapa yang mau merawat kaktus nih?

5. Kaktus dan Succulent, Apakah Itu?

Kaktus memang termasuk succulent karena kemampuan paling ahli yang dimiliki adalah menyimpan air sebagai cadangan makanan di organ daun dan batangnya. Kaktus mampu hidup di area kering. Selain itu, durinya bisa membedakan dengan succulent karena mempunyai aerol, sedangkan succulents tidak punya aerol.

Itulah 5 fakta mengenai kaktus liar, kaktus hutan, kaktus hias, dan berbagai macam hal soal kaktus yang belum Anda ketahui. Semoga tulisan artikel ini bermanfaat. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan