5 Fakta soal Nikola Tesla, Pencipta Radio pada 1892 - Tugujatim.id

5 Fakta soal Nikola Tesla, Pencipta Radio pada 1892

  • Bagikan
Ilustrasi Nikola Tesla/Pixabay
Ilustrasi Nikola Tesla/Pixabay

Tugujatim.id – Nikola Tesla merupakan salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia. Banyak penemuannya yang di luar akal sehat manusia pada umumnya, misalnya seperti “tesla coil”, “tesla death ray”, atau sekian upaya penciptaan teknologi yang berbasis “free energy” yang tidak disukai oleh Thomas Alfa Edison, salah satunya karena dapat merusak dan mengganggu dinamika bisnis dan perekonomian.

Nah, kali ini Tugu Jatim bakal mengulas 5 fakta yang berkaitan dengan Nikola Tesla. Sosok yang begitu kontroversial, cendikia yang melawan arus “mainstream“, serta manusia yang sempat diisukan mempunyai kemampuan supranatural dan transenden sehingga dapat mempunyai berbagai inovasi futuristik yang berguna di masa depan. Hal menarik apa saja dari penemu radio ini?

1. Ada Badai Petir yang Berkecamuk saat Nikola Tesla Dilahirkan

Tepat pada 10 Juli 1856 silam, malam hari yang penuh dengan kecamuk badai dan petir, Nikola Tesla dilahirkan. Entah semacam tanda atau simbol dari Tuhan, sosok Nikola Tesla tatkala tumbuh menjadi manusia dewasa berkaitan erat dengan energi, frekuensi, dan vibrasi. Ibunya melahirkan Tesla saat sambaran petir menghantam langit Kroasia. Bidan yang membantu melahirkan Tesla berkata bahwa itu pertanda buruk, tapi ibunya membantah esok Tesla jadi sosok yang menerangi.

2. Nikola Tesla Tidak Pernah Tidur Lebih dari Dua Jam

Setiap orang mengetahui bahwa istirahat atau tidur yang cukup adalah 8 jam sehari, setelah sekian waktu dihabiskan untuk bekerja. Namun, Nikola Tesla mengklaim bahwa dia tidak pernah tidur lebih dari dua jam. Artinya, selama 24 jam, Nikola Tesla terjaga atau tidak tidur selama 22 jam. Dia melakukannya karena terlalu fokus dengan pekerjaan.

3. Nikola Tesla Tidak Pernah Jatuh Cinta dan Tidak Sempat Menikah

Banyak yang menyebut bahwa di balik kesuksesan pria, pasti ada perempuan yang mendukungnya di belakang. Namun, Nikola Tesla membuktikan sebaliknya, di saat dia menelurkan beragam penemuan dan prestasi, Nikola Tesla tidak pernah menyentuh soal romansa sama sekali, entah mengapa. Namun, di ranjang kematiannya, Tesla mengatakan kepada wartawan, “Kadang-kadang saya merasa bahwa dengan tidak menikah, saya membuat pengorbanan terlalu besar untuk pekerjaan saya.”

4. Nikola Tesla Dapat Visualisasi Semacam Bentuk Tiga Dimensi

Yang menarik dari Nikola Tesla ialah dapat memiliki kemampuan visualisasi secara 3 dimensi. Dia mudah sekali mengingat bentuk, gambar, buku, dan tumpukan jurnal yang ada di dalam kepalanya. Ingatan Nikola Tesla bekerja seperti kemampuan fotografi. Pada waktu itu, Nikola Tesla sempat memakai kemampuan ini untuk mengendalikan mimpi buruk tatkala dia masih kecil.

5. Nikola Tesla Mengidap OCD Parah

Ternyata Nikola Tesla mengidap OCD (Obsessive Compulsive Dissorder), kemampuannya dalam aspek kreativitas amat baik dan menonjol. Namun, hal itu berdampak pada kesehatannya. Bahkan, saat berjuang dari gangguan OCD, Tesla bekerja dengan orang-orang seperti Edison dan Westinghouse. Tekad dan kecemerlangan terhadap pekerjaan merupakan inspirasi baginya.

Itulah 5 fakta menarik yang berkaitan dengan Nikola Tesla, sosok yang kali pertama menghidupkan gairah ilmu pengetahuan di abad modern. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan