5 Fakta Unik Bunga Mawar, Bunga Nasional di Beberapa Negara

  • Bagikan
Ilustrasi bunga mawar. (Foto: Pixabay) fakta unik bunga mawar, tugu jatim
Ilustrasi bunga mawar. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Mawar merupakan salah satu bunga indah yang sering dipakai untuk buket dan diberikan pada seseorang sebagai cara untuk mengungkapkan perasaan. Mawar juga mempunyai beragam warna indah, serta jenis-jenis yang memiliki makna masing-masing. Selain itu, mawar juga menjadi simbol bunga di beberapa negara juga. Tugu Jatim telah merangkum 5 fakta mengenai mawar yang menarik sekali disimak.

1. Mawar Sebagai Bunga Nasional di Sekian Negara

Lantaran jenisnya yang beragam, mawar menjadi bunga nasional di beberapa negara. Seperti Inggris, yang menjadikan bunga mawar jenis tudor sebagai bunga nasionalnya. Mawar juga menjadi simbol dalam peperangan yang disebut dengan ‘War of the Roses’ yang terjadi di Inggris tahun 1455 hingga 1485. Lancaster mempunya lambang kubu ‘mawar merah’, untuk Yorkshire mempunyai lambang kubu ‘mawar putih’. Selain itu, ada juga New York, Georgia, North Dakota, dan Lowa.

2. Ada Spesies Mawar dengan Empat Kelopak

Dari seluruh spesies bunga mawar yang ada di dunia, hampir seluruhnya memiliki jumlah kelopak 5. Namun, ada satu jenis bunga mawar yang hanya memiliki 4 kelopak saja, yaitu spesies ‘rosa sericea’. Lantaran perbedaan jumlah kelopaknya, hal itulah yang membuat bunga mawar jenis ‘rosa sericea’ tidak seperti mawar. Bunga jenis ini ada di Nepal, Bhutan, India, Myanmar dan Tiongkok.

3. Ternyata Bunga Mawar Bisa Menghasilkan Buah!

Bunga mawar yang kita kenal selama ini, hanyalah sekadar bunga. Namun tidak disangka, ternyata bunga mawar bisa memiliki buah. Buah itu disebut dengan ‘rose hip’ atau ‘rose haws’. Bentuknya mirip dengan mawar merah, ungu tua, atau bahkan ada yang berwarna hitam. Untuk kandungan buah mawar, ada vitamin c yang cukup tinggi.

4. Mawar Punya Makna pada Setiap Warnanya

Dalam ‘florist’, setiap warna dari bunga mawar mempunyai makna masing-masing. Hal itulah yang membuat kita bakal ditanya untuk siapa mawar itu akan diberikan? Mawar kuning berarti pertemanan, merah mudah berarti kekaguman, mawar merah berarti cinta. Sebagai permohonan maaf bisa diwakili oleh bunga mawar berwarna putih.

5. Jumlah Tangkai Mawar Memiliki Makna

Dalam mengirim buket bunga mawar, ternyata jumlah tangkainya juga mempunyai makna. Selain dari warna bunga mawar, misalnya satu tangkai mawar memiliki arti bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang dicinta. Untuk tiga tangkai mawar menyatakan “aku cinta kamu”. Sedangkan tiga belas mawar mengatakan “aku pemuja rahasiamu”. Serta lima belas tangkai bunga mawar mengirimkan pesan penyesalan dan kata maaf.

Itulah 5 fakta mengenai bunga mawar yang menarik untuk diketahui, agar kita bisa memberi dan mengirim buket bunga sesuai dengan tujuan dan menyampaikan makna yang tepat pada orang yang menerima bunga mawar tersebut. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan