5 Fakta Unik Semut: Ratu Bisa Hidup 10 Tahun, Jantan Seminggu - Tugujatim.id

5 Fakta Unik Semut: Ratu Bisa Hidup 10 Tahun, Jantan Seminggu

  • Bagikan
Ilustrasi semut, serangga yang banyak memiliki keunikan. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi semut, serangga yang banyak memiliki keunikan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Semut merupakan hewan yang sering kita temui sampai saat ini. Ada di mana-mana, bahkan di semua tempat bakal kita temukan dengan mudah hewan semut ini. Mulai dari selalu mendatangi tempat yang mempunyai kadar gula, membuat jalan setapak di tanah, dan pola pembuahan jantan-betina yang unik. Tugu Jatim berhasil merangkum 5 fakta mengenai semut. Sebagai berikut:

1. Kebanyakan Semut yang Anda Lihat adalah Betina

Dalam dunia semut, mempunyai sistem kasta. Ada juga semacam pembagian tanggung jawab di dalam dunia semut. Misalnya, Ratu ialah pendiri koloni, perannya bertelur. Sedangkan semut pekerja ialah betina, bertanggung jawab atas pekerjaan koloni yang harmonis. Tugas semut betina ialah merawat ratu, mencari makan, mengawasi konflik di koloni, membuanh kotoran. Semut pekerja kemungkinan besar tidak mempunyai keturunan sendiri.

2. Semut Jantan Hanya Agen Reproduktif Bersayap

Untuk semut jantan berfungsi seperti sperma bersayap. Mempunyai satu salinan genom, setiap sperma mereka secara genetik identik dengan diri mereka sendiri. Pekerjaan cepat selesai, semut jantan akan mati setelah kawin, meskipun sperma mereka tetap hidup terus, selama bertahun-tahun tugas mereka hanya reproduksi.

3. Setelah Ratu Tidak Akan Makan Selama Berminggu-Minggu

Setelah melakukan pembuahan dengan jantan. Semut betina akan berada di bawah tanah selama berminggu-minggu sampai mereka menghasilkan pekerja anak betina sendiri. Semut betina itu menggunakan energi simpanan lemak dan energi dari otot penerbangannya yang bisa dipakai untuk bertelur. Stok sperma yang sama dari jantan, bisa membuat ratu membuahi dirinya sepanjang hidup.

4. Pembuatan Jalan Semut: Kerja Sama, Kematian dan Perbudakan

Agenda perbudakan berkembang di sejumlah spesies semut. Meski menunjukkan kerja sama dengan baik, namun dalam pembuatan jalan di tanah itu melibatkan ‘supercolony’ yang tinggal memanjang lebih dari 6.000 kilometer. Dari aktivitas itu ada yang menjadi korban sehingga mati, ada yang jadi budak untuk pembuatan dan beberapa bekerjasama.

5. Ratu Semut Dapat Hidup 10 Tahun, Semut Jantan Hanya Seminggu Saja

Setelah membangun koloni semut, pekerjaan sang ratu semut juga belum selesai dan masih mempunyai waktu bertahun-tahun ke depan untuk bertelur dan menghasilkan anak pekerja yang baru. Sedangkan menurut penelitian laboratorium, ratu telah hidup selama hampir 30 tahun.

Semut pekerja hidup selama sekitar satu tahun, lalu semut jantan sedikit lebih dari satu minggu, meskipun sperma mereka hidup lebih lama. Itulah perbedaan umur panjang yang luar biasa pada semut jantan, ratu dan pekerja. Ini murni karena perbedaan ekspresi gen mereka.

Itulah 5 fakta menarik tentang semut yang belum kita ketahui selama ini. Menarik sekali ya, semut jantan hanya bisa hidup salam seminggu. Sedangkan semut ratu bisa sampai 10-30 tahun usia hidupnya. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan