5 Kesalahan dalam Membuat CV yang Membuat Kamu Tidak Dilirik Perusahaan - Tugujatim.id

5 Kesalahan dalam Membuat CV yang Membuat Kamu Tidak Dilirik Perusahaan

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang sedang mempersiapkan CV. (Foto : Pexels)

Tugujatim.id – Apakah kamu sedang mempersiapkan curriculum vitae (CV) untuk melamar kerja? atau mungkin untuk mendaftarkan magang? Ternyata masih banyak loh kesalahan-kesalahan yang seringkali dilakukan oleh mereka yang sedang mempersiapkan CV. Simak beberapa poin ini agar kamu terhindar dari kesalahan tersebut ya.

1. Desain terlalu ramai

Hal yang terpenting dari sebuah CV adalah bagian isi dari CV tersebut. Jika kamu tidak sedang melamar pekerjaan pada posisi yang berkaitan dengan desain, cukup gunakan desain yang sederhana saja. Menggunakan 1 sampai 2 warna saja sudah cukup, karena jika terlalu ramai akan membuat HRD malas untuk melirik apalagi membaca CV kamu.

2. Menggunakan Presentase pada Bagian Skill

Pada dasarnya kemampuan-kemampuan yang kita miliki tidak ada yang dapat kita ukur secara konkrit, maka lebih baik tampilkan kemampuan dengan cara membuat poin-poin saja. Karena tidak ada tolak ukur pasti mengenai kemampuan seseorang, bisa saja kita sudah memiliki banyak kemampuan namun dimata HRD tetap saja dinilai masih kurang cukup.

3. Urutan Waktu yang Terlama

Jika kamu memiliki pengalaman baik itu dalam organisasi atau kepanitiaan, urutkanlah dimulai dari yang terbaru. Karena rata-rata banyak orang yang mengurutkan pengalamannya dimulai dari tahun yang paling lama. Hal ini juga berlaku bagi pendidikan, cantumkanlah pendidikan yang sedang kamu jalani sekarang ini lalu kemudian pendidikan-pendidikan sebelumnya. Dan kamu cukup cantumkan hingga tingkat SMA ataupun SMP, karena pendidikan pada tingkat SD maupun TK tidak terlalu penting.

4. Penyingkatan Nama

Kesalahan lainnya adalah menggunakan penyingkatan nama, yaitu pada bagian pengalaman organisasi dan kepanitiaan. Misalkan jika kamu hendak menuliskan ‘Ketua HMTP’, sebaiknya tuliskan saja nama organisasi tersebut secara lengkap. Karena terdapat beberapa kemungkinan, bisa saja Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan, Penerbangan, ataupun Perkapalan.

5. Informasi yang Tidak Relevan

Saat kamu sedang melamar untuk posisi tertentu, cantumkan lah pengalaman dan kemampuan yang berhubungan dengan posisi tersebut. Hindari untuk mencantumkan informasi yang tidak relevan atau tidak begitu penting. Informasi seperti warga negara dan juga umur tidak perlu dicantumkan karena dapat terlihat jelas identitas kewarganegaraan pelamar dan juga umur dapat dihitung dengan cara melihat tanggal lahir yang tercantumkan.

Nah itu dia beberapa poin kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pembuat CV. Jika kamu merasa mengapa tidak kunjung mendapat surat atau panggilan bekerja, mungkin poin-poin kesalahan diatas terdapat pada CV kamu. Yuk cek CV kamu sekarang, dan pastikan untuk memperbaikinya ya. Semoga bermanfaat! (Ifa Nadhifah Syah Putri/gg)

  • Bagikan