Keutamaan dan 7 Amalan di Hari Jumat yang Begitu Dianjurkan dalam Islam

  • Bagikan
Ilustrasi doa umat Islam. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi doa umat Islam. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Hari Jumat disebut sebagai Sayyidul Ayyam alias pemimpin dari semua hari dalam sepekan. Bagi umat Islam hari Jumat merupakan hari yang istimewah. Dalam hadist Nabi Muhammad SAW menyebutkan dalam Sabdanya,

Pertama, terdapat berbagai hadits yang menjelaskan keutamaan dan kemuliaan hari Jum’at. Di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

السَّاعَةُ تَقُومُ وَلاَ مِنْهَا أُخْرِجَ وَفِيهِ الْجَنَّةَ أُدْخِلَ وَفِيهِ آدَمُ خُلِقَ فِيهِ الْجُمُعَةِ يَوْمُ الشَّمْسُ عَلَيْهِ طَلَعَتْ يَوْمٍ خَيْرُ
الْجُمُعَةِ يَوْمِ فِي إِلاَّ

Artinya “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.

Demikian istimewanya hari Jumat, sehingga orang yang mengerjakan adab menjelang hingga salat Jumat pada hari tersebut, mendapatkan ampunan. Melihat keistimewaan hari Jumat tersebut, maka umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan pada hari tersebut.

Berikut beberapa amalan yang berhasil dihimpun Tugu Jatim dari pelbagai sumber:

1. Mandi Jumat

Mandi Jumat merupakan amaliah sunnah yang khusus dilakukan pada hari Jumat, kesunnahan ini berlaku umum bagi siapa pun yang menghadiri ibadah shalat Jumat. Ditegaskan dalam hadits riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar sebagai berikut:

من أتى الجمعة من الرجال والنساء فليغتسل

Artinya“Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.”

Seorang wanita dalam konteks ini juga mendapatkan kesunnahan mandi Jumat apabila ia turut serta melaksanakan ibadah Jumat. Namun, ketentuan hukum ini menjadi berbeda bila ia memilih shalat Dhuhur di rumah.

2. Sholat jumat

Bagi seorang laki-laki muslim, salah satu kewajiban yang harus dipenuhi pada hari Jumat adalah salat Jumat. Amalan wajib tersebut disampaikan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

“Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit”. (HR. Abu Daud)

3. Bersedekah

Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

4. Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan sunnah di hari Jumat yang sangat luar biasa.

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kabah.” (HR. Ad-Darimi)

Dalam riwayat lain juga dikatakan, bahwa pahala membaca surat Al Kahfi akan disinari oleh cahaya (mendapatkan kebaikan) di antara dua Jum’at.

5. Perbanyak Salawat dan Zikir

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan membaca salawat dan zikir di hari Jumat. Amalan ini bisa dilakukan sejak Kamis petang hingga berakhirnya hari Jumat pada tengah malam.

“Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi).

Seperti dalam hadits Nabi lainnya, dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW juga menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan sholat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT niscaya permintaannya akan dikabulkan”.

Lalu beliau memberikan isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikit waktu itu. (HR.Bukhari dan Muslim).

6. Berdoa

Amalan berikutnya yang patut kamu lakukan di hari Jumat adalah berdoa. Ini ditegaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

7. Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ”Wajib bagi kalian untuk membeli 2 buah pakaian untuk sholat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja. “(HR.Abu Dawud dan Ibnu Majah dinilai shahih oleh Al Albani).

Sementara anjuran untuk menggunakan wewangian, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi lalu berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at sampai Jum’at berikutnya“. (HR. Bukhari dan Muslim).

Nah, itulah amalan di hari Jumat yang harus dilakukan. Tentunya mendatangkan banyak kebaikan. Apalagi salat Jumat, wajib ya bagi lelaki! (Moch Abdurrochim/gg)

  • Bagikan