5 Kunci Hidup Sukses ala Founder Wardah, Nurhayati Subakat - Tugujatim.id

5 Kunci Hidup Sukses ala Founder Wardah, Nurhayati Subakat

  • Bagikan
Nurhayati Subakat saat mengisi Inspiring Talk di ITB pada tahun 2019 lalu. (Foto: Ahmad Fadhil/Humas ITB) tugu jatim
Nurhayati Subakat saat mengisi Inspiring Talk di ITB pada tahun 2019 lalu. (Foto: Ahmad Fadhil/Humas ITB)

Tugujatim.id – Founder perusahaan kosmetik Wardah sekaligus Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation, Nurhayati Subakat berbagi tips dan kiat sukses untuk menjalani hidup pada acara Ruang Bincang Inspirasi ke-19 yang digelar Pondok Inspirasi, Sabtu (31/7/2021) pagi.

Pada diskusi virtual yang digelar melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh kurang lebih 400 peserta tersebut, Nurhayati memaparkan 5 karakter yang konsisten ia terapkan dalam hidupnya. Dirinya mengaku bahwa beberapa karakter tersebut ia dapatkan dari kedua orang tuanya yang berhasil mengantarkannya mendirikan perusahaan yang membawahi Wardah, Emina, Make Over, dan Kahf.

Lalu, apa saja 5 kunci hidup sukses ala Nurhayati Subakat tersebut?

1. Ketuhanan

Nilai ketuhanan menjadi nilai utama yang Nurhayati terapkan dalam hidupnya. Baginya, nilai ketuhanan inilah yang mendorongnya selalu optimis dalam menjalankan kehidupan apapun kondisinya. Nilai ketuhanan juga selalu mendorong Nurhauati selalu bersikap jujur dan menjadi orang yang diberi kepercayaaan.

“Nilai ketuhanan ini membuat kita selalu optimis dan yakin bahwa setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan dan mendorong kita untuk pantang menyerah,” ujar Nurhayati yang juga perempuan pertama yang menerima gelar Dr. (HC) sepanjang sejarah 1 abad ITB.

2. Kepedulian

Nilai kepedulian merupakan nilai yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan empati. Nilai inilah yang mengantarkan Nurhayati selalu memikirkan orang lain seperti saat dirinya mendapat musibah kebakaran pabrik Ia tetap semangat untuk bangkit kembali karena Ia memikirkan nasib karyawannya. Dengan memiliki kepedulian kita akan selalu terpacu bagaimana untuk bermanfaat untuk orang lain.

3. Kerendahan Hati

Tak hanya itu, rendah hati dan terus belajar merupakan salah satu kunci hidup sukses yang disampaikan Nurhayati Subakat. Menurutnya, kerendahan hati ini bisa mendorong seseorang untuk tidak sombong dan selalu ingin belajar dengan siapapun.

“Memiliki kerendahan hati akan mendorong kita untuk menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita harus senantiasa mengosongkan gelas dan haus ilmu,” imbuhnya.

4. Ketangguhan

Ketangguhan dibuktikan dengan disiplin dan ulet. Dengan karakter tangguh Nurhayati menjadi sosok yang berani, sabar, dan pantang menyerah serta menjunjung tinggi kedisiplinan. Hal itu dapat terlihat dari dirinya yang selalu on time ketika menghadiri acara atau rapat baik online maupun offline.

“Saya dari kecil sampai selesai kuliah bahkan sampai sekarang tidak pernah telat, baik itu menghadiri rapat maupun menghadiri acara.” Tuturnya.

5. Inovasi

Untuk menjadi yang terdepan, inovasi adalah hal yang harus dimiliki setiap orang. Nurhayati memiliki karakter inovasi yang didapat dari almarhum ayahnya yang menerapkan Imtaq (iman dan takwa) dan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Menurutnya, sosok ayahnya adalah sosok yang sangat visioner dan kreatif.

Sebelum mengakhiri sesinya, Nurhayati berpesan kepada peserta untuk menerapkan kelima nilai tersebut sehingga akan menjadi kebiasaan dan tumbuh menjadi karakter.

Sebagai informasi, Ruang Bincang Inspirasi merupakan acara sharing session yang konsisten diselenggarakan oleh Pondok Inspirasi dengan menghadirkan narasumber-narasumber untuk diteladani nilai-nilai juangnya.

Untuk diketahui, Pondok Inspirasi merupakan organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan yang berdomisili di Bogor. Selain menjadi organisasi yang aktif di dunia kepenulisan ilmiah, Pondok Inspirasi juga menjadi salah satu Komunitas Terpilih Community Challenge Kahf, terpilih mengikuti Girl Leadership Program bersama Menteri Keuangan RI, Young Business Hub di Turki, mengikuti YSEALI YOUnified 2020, dan mendapatkan tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021. Selain itu, Pondok Inspirasi juga bekerjasama dengan Pemimpin.id melalui LeadID dan Lead The Fest.

 

Rosita Wulandari
*Penulis merupakan member Pondok Inspirasi

  • Bagikan