5 Manfaat Bermain Game yang Ternyata Banyak Memiliki Dampak Positif

  • Bagikan
Ilustrasi bermain game dan manfaat bermain game. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi bermain game dan manfaat bermain game. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak disukai oleh masyarkat, bahkan semua orang. Dari anak-anak sampai orang dewasa, pasti suka dengan game, apalagi saat ini game Android sudah memiliki beragam jenis dan pilihan. Ternyata, bermain game juga bisa memberikan manfaat untuk kita, lho! Apa saja manfaatnya? Tugu Jatim sudah merangkum 5 manfaat bermain game.

1. Melatih Otak Kanan agar Lebih Kreatif

Bermain game dapat mengasah otak kanan gaes. Otak kanan merupakan salah satu bagian yang bergerak dalam pengelolaan gambar, imajinasi, kreativitas, inovasi, warna-warna, kecocokan, kesesuaian, kebebasan, dan berbagai macam hal yang memerlukan abstraksi dan imajinasi dikerjakan oleh otak kanan. Di dalam game, banyak sekali animasi-animasi bagus yang membuat otak kanan kita semakin terasah untuk berimajinasi dan memecahkan teka-teki.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

2. Melebarkan Jaringan Pertemanan

Game juga bisa menambah relasi, melebarkan pertemanan dan meluaskan kekerabatan. Apalagi di zaman yang serba online ini, batas ruang dan waktu tidak lagi menjadi persoalan. Bila kita bermain game di Indonesia, kita dapat bermain bersama dengan orang yang ada di Eropa, Asia, Afrika atau benua lainnya. Game online dapat menyambung berbagai bentuk silaturahmi antar manusia. Setuju ya gaes? Setuju dong.

3. Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

Hayo ngaku! Siapa yang paling banyak belajar Bahasa Inggris dari bermain game? Kalau saya sih begitu, saya mengenal kata demi kata dalam Bahasa Inggris dari permainan. Apalagi game itu memiliki alur cerita, pasti setiap cerita yang dimainkan memiliki keterangan dalam Bahasa Inggris. Hal itu membuat kemampuan kita memakai bahasa asing menjadi lebih terasah.

4. Mengurangi Stres setelah Seharian Kerja

Bermain game merupakan salah satu solusi ketika kita sudah sumpek dan stress setelah seharian bekerja. Sangat membantu meredam berbagai macam emosi negatif yang bakal hadir di saat kita sedang mengalami tekanan di dalam hidup. Bermain game lebih seru bila bermain dengan kawan-kawan tongkrongan, bakal menambah keceriaan dan kebahagiaan, sehingga strees akan terlupakan.

5. Meningkatkan Kemampuan Teamwork

Kalau bermain game online semacam Mobile Legends, PUBG Mobile, dan lain-lain, kita pasti belajar banyak mengenai teamwork. Bagaimana cara agar tim kita menang? Bagaimana cara agar tidak kalah dengan musuh? Dengan berlatih teamwork ketika bermain game tersebut. Lebih mudah dan menyenangkan, teamwork saat bermain game yang dibangun bersama kawan-kawan tongkrongan.

Itulah 5 fakta menarik dari manfaat bermain game. Kalian semua pasti suka bermain game kan? Game apa yang kalian suka? Sudah seberapa lama kalian bermain game itu? Tapi tetap ingat, jangan lupa makan dan menjaga kesehatan saat bermain game ya. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan