5 Rekomendasi Jurusan Kuliah Terfavorit yang Memiliki Prospek Bagus - Tugujatim.id

5 Rekomendasi Jurusan Kuliah Terfavorit yang Memiliki Prospek Bagus

  • Bagikan
Ilustrasi prospek baik layak menjadi pertimbangan saat memilih jurusan untuk kuliah. (Foto: Unsplash/Tugu Jatim) jurusan kuliah
Ilustrasi prospek baik layak menjadi pertimbangan saat memilih jurusan untuk kuliah. (Foto: Unsplash/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Saat awal memasuki dunia perkuliahan perlu perencanaan yang matang dan tepat dengan sederet target. Termasuk dalam mengambil jurusan kuliah agar tidak salah langkah ke depannya. Hal ini penting dipertimbangkan! Jangan sampai kamu salah pilih jurusan karena memilih asal-asalan, karena paksaan orang tua, atau bahkan ikut-ikutan teman.

Lebih penting lagi, jurusan yang akan dipilih nanti mesti sesuai passion. Tentu saja hal ini dipilih juga harus memiliki prospek masa depan yang bagus. Nah, berikut Tugu Jatim merekomendasikan beberapa jurusan dengan prospek bagus untuk masa depan.

Sosial Humaniora (Soshum)

1. Ilmu Komunikasi

Seiring perkembangan teknologi informasi, ilmu komunikasi kian dibutuhkan. Kemampuan dalam penguasaan teknologi, bahasa dan skil penampilan menjadi kunci suksesnya mahasiswa yang mengambil jurusan ini.

Di era 4.0, peluang kerja ilmu komunikasi lebih beragam. Industri kreatif banyak membutuhkan alumni komunikasi, termasuk bidang jurnalistik dan pemberitaan yang disesuaikan kondisinya dengan era teknologi.

2. Ilmu Hukum atau Hukum

Prospek kerja gemilang dalam bidang hukum mulai dari advokat, tentu usai lulus pendidikan khusus, jaksa, serta hakim.

Lulusan hukum juga sangat memungkinkan berkarir pada korporasi negeri atau swasta sebagai konsultan hukum dan HRD.

Mahasiswa jurusan ini berkutat dengan disiplin ilmu yang berkaitan dengan tata aturan resmi negara dan wajib dipatuhi masyarakat. Mahasiswa Hukum harus memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menganalisa tulisan, argument, pernyataan, dan opini. Dalam praktiknya tentu mahasiswa hukum juga harus mempunyai keterampilan membaca, menulis, dan membuat argumen berlandaskan hukum.

Sains dan Teknologi (Saintek)

1. Kedokteran

Keberadaan dunia pasca pandemi Covid-19 membuat kebutuhan akan tenaga dokter kian bertambah. Tidak hanya dokter umum, juga dokter spesialis akan terus dibutuhkan sepanjang masa. Bahkan dari tahun ke tahun jurusan kedokteran selalu menjadi primadona dengan ribuan pelamar di berbagai universitas negeri maupun swasta dengan jurusan Kedokteran dengan yang berkualitas bagus.

Mahasiswa kedokteran umum memiliki fokus keilmuan pada anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya, fisiologi, biokimia, dan histologi. Persyaratan untuk kuliah di fakulta kedokteran memiliki kriteria sesuai dengan minat dan pemahaman yang baik dalam bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika.

Peluang karir jurusan ini adalah sebagai dokter di RS atau membuka praktek, bekerja di perusahaan kesehatan, tenaga pengajar, dan lain-lain.

2. Kesehatan Masyarakat

Inilah jurusan yang paling dibutuhkan 5 tahun ke depan atau bahkan hingga puluhan tahun ke depan. Bukan hanya bidang medis tentunya, sebab juga akan belajar metode mewujudkan tingkat kesehatan masyarakat sesuai standar yang ditetapkan. Inilah sebabnya kamu juga perlu mempelajari kondisi sosial dan budaya untuk melakukan pengorganisasian dengan pendekatan yang tepat.

Jika calon mahasiswa baru nantinya hendak terjun pada bidang ini, makan nantinya akan bergulat dengan ilmu yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan publik. Para alumni jurusan ini dapat berkarir di rumah sakit, sebagai konsultan K3 di perusahaan, penyuluh kesehatan, pengajar, atau peneliti

3. Peternakan

Kebutuhan dunia akan hewan ternak membuat industri kian mencari para ahli di bidang peternakan. Mahasiswa peternakan tentu akan mempelajari berbagai keilmuan yang berkaitan dengan budidaya hewan ternak. Ini antara lain teknologi produksi, pengolahan hasil, manajemen, pakan, dan lain-lain.

Para alumni dapat berkontribusi pada industri pakan, dinas peternakan, pengolahan limbah ternak, atau berwirausaha peternakan.

Itulah beberapa jurusan baik saintek, maupun soshum yang layak menjadi pertimbangan untuk kalian para calon mahasiswa baru tahun 2021. Semoga bisa bermanfaat, untuk melihat prospek kerja jurusan yang kian gemilang kedepannya. (Dani Alifian/gg)

  • Bagikan