5 Tips Tingkatkan Motivasi Belajar Anak

5 Tips Tingkatkan Motivasi Belajar Anak

  • Bagikan
Ilustrasi orang tua mendampingi anak belajar/tugu jatim
Ilustrasi orang tua mendampingi anak belajar. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Belajar anak di sekolah saat masa pandemi Covid-19, mengalami hambatan. Penerapan pembatasan sosial membuat proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Banyak dikeluhkan, model belajar ini memiliki sejumlah persoalan. Salah satunya adalah kesulitan siswa dalam memahami materi. Hal ini sekaligus menjadi penyebab siswa malas belajar.

Meskipun sekarang kegiatan belajar mengajar telah dilakukan tatap muka secara parsial. Tetapi ketertinggalan dalam pembelajaran belum sepenuhnya teratasi. Anak masih harus menyesuaikan diri dengan kondisi penerapan dua sistem pengajaran, yakni daring dan tatap muka.

Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu siswa menyesuaikan diri. Orang tua sebagai motivator anak, berperan memberikan motivasi agar anak mampu menyesuaikan diri, menjadi giat belajar kembali dan mampu mengejar ketertinggalan dalam belajar. Berikut tips untuk orang tua agar untuk meningkatkan motivasi belajar anak.

1. Terlibat dalam Proses Belajaran

Dengan terlibat dalam proses belajar anak, orang tua akan lebih memahami apa yang dihadapi oleh anak. Orang tua dapat membantu anak menghadapi kesulitan dan problematika yang dihadapi anak. Anak akan merasa lebih mudah menghadapi masalah dalam belajarnya.

2. Pahami Kondisi Anak

Ajak anak berbincang dari hati ke hati tentang proses belajarnya. Dengan begitu orang tua akan memahami apa yang dibutuhkan anak.
Sampaikan kritik dan nasehat kepada anak secara lemah lembut. Jangan memarahi anak, dengan memarahinya anak akan membandel dan tidak mendengarkan orang tuanya. Beri semangat pada anak, hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri pada anak akan kemampuannya.

3. Pahami Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki gaya belajarnya masing-masing. Jangan memaksakan cara belajar yang akan menjadikan anak tidak nyaman dan menjadi malas belajar. Pelajari tentang seperti apa cara belajar yang menjadikan anak nyaman, memudahkan anak menyerap materi, dan menyenangkan bagi anak.

4. Fokuskan pada Minat Anak

Pembelajaran yang terfokus pada bidang-bidang yang diminati anak, menjadikan anak semangat dan senang mempelajarinya. Dengan cara ini pula, orang tua juga dapat membangun potensi yang dimiliki anak.

5. Berikan Hadiah

Sebagai bentuk penghargaan atas apa yang telah dicapai anak dalam proses pembelajaran, berikan anak pujian atau hadiah kecil. Hal ini menjadikan anak lebih terpacu untuk terus berproses.

  • Bagikan