6 Cara Hindari Mata Lelah selama Belajar Online - Tugujatim.id

6 Cara Hindari Mata Lelah selama Belajar Online

  • Bagikan
Ilustrasi seorang perempuan yang mengalami mata lelah saat belajar. (Foto: Pexels) tugu jatim mata lelah
Ilustrasi seorang perempuan yang mengalami mata lelah saat belajar. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Saat pendemi seperti ini, semua hal serba online. Bahkan kegiatan pembelajaran pun sekarang digantikan lewat aplikasi belajar online. Sehingga dalam sehari kita bisa menatap layar ponsel atau komputer lebih lama dari biasanya. Padahal, terlalu lama menatap layar ponsel atau komputer dapat mengakibatkan mata lelah.

Pernahkan kalian merasa pusing, penglihatan kabur atau mata kering setelah menatap ponsel selama berjam-jam? Itu adalah gejala mata lelah. Mata lelah terjadi karena otot mata yang tegang. Gejala pada mata lelah ini juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain seperti leher dan punggung. Jadi, bagaimana cara menghindari mata lelah selama kegiatan online? Simak 6 tips berikut ini!

1. Istirahatkan Mata

Mata juga perlu istirahat. Terapkan rumus 20 – 20 – 20 untuk mengistirahatkan mata. Istirahatkan tiap 20 menit sekali selama 20 detik untuk melihat objek dengan jarak pandang 20 kaki atau sekitar 6 meter. Namun, jika di sekitar kalian tidak ada objek berjarak 6 meter dari mata, cukup pejamkan mata dari layar atau melihat tanaman hijau di luar rumah.

2. Atur Pencahyaan yang Cukup

Nyalakan lampu atau buka jendela saat siang hari agar sinar matahari memberimu cahaya yang cukup. Kondisi gelap membuat mata bekerja lebih keras sehingga mudah lelah. Jika dibiarkan terus-menerus otak dapat ikut melemah sehingga kita akan mudah lupa. Selain itu, atur brightness pada layar agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

3. Atur Jarak Pandang Mata ke Layar

Jarak yang terlalu dekat akan membuat mata cepat lelah. Atur jarak sepanjang 30 sampai 40 cm dari layar ponsel. Jika kalian menggunakan laptop atau komputer, atur jarak sepanjang 50 sampai 100 cm. Pastikan juga bahwa teks pada layar terlihat jelas. Karena otak mata akan semakin menegang saat melihat objek yang terlalu jauh, sehingga dapat menyebabkan mata lelah.

4. Kedipkan Mata

Kedipkan mata selama beberapa detik dan lakukan sesering mungkin. Dengan berkedip mata akan lebih lembab, sehingga dapat mencegah mata kering dan iritasi.

5. Tidur Cukup

Saat kita tidur, ketegangan pada otot mata dapat berkurang, sehingga dapat mencegah masalah-masalah pada mata. Selain itu, gejala-gejala pada mata lelah seperti mata nyeri dan iritasi dapat semakin parah dengan kurangnya jam tidur. Karena itu, tidur cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

6. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Radiasi sinar biru dari perangkat elektronik dapat menyebabkan mata lelah. Karena itu, kacamata ini didesain dengan lensa reflektif untuk mengurangi pantulan sinar biru tersebut. Dengan menggunakan kacamata ini, mata kita akan lebih nyaman saat menatap layar.

Namun, keefektifan dari penggunaan kacamata ini tergantung pada tiap individu. Biasanya fungsi dari kacamata ini tidak terlalu berpengaruh pada individu yang memiliki masalah berat pada mata.

Meskipun kita bisa mencegah mata lelah dengan hal-hal diatas. Namun, penting untuk membatasi penggunaan ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Selain itu, makan makanan yang mengandung vitamin A juga dapat membantu membuat mata tetap sehat. Ayo, jaga kesehatan mata! (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan