6 Tips Mengurangi Kolesterol Usai Makan Daging Kurban saat Idul Adha

  • Bagikan
Ilustrasi sate, masakan olahan daging yang banyak dimasak saat perayaan hari raya Idul Adha. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Perayaan Hari Raya Idul Adha dimaknai sebagai momentum berbagi kebaikan. Semua umat Islam berlomba-lomba mencari kebaikan yang ada di dalamnya. Salah satu caranya yaitu dengan berkurban, yang kemudian dagingnya akan dibagikan kepada sesama.

Untuk itu, Idul Adha identik olahan daging kurban seperti rendang, sate, gulai, tongseng, dan lainnya. Namun Anda harus ingat, jangan terlalu banyak dalam mengonsumsi olahan tersebut, sebab kolesterol dan penyakit lainnya selalu mengintai.

Makan olahan daging kurban dapat menyebabkan naiknya kolesterol dan berat badan karena mengandung lemak tinggi, khususnya lemak jenuh.

Namun, kadar kolesterol dan berat badan bisa Anda cegah dengan bebarapa tips di bawah ini.

1. Selektif Memilih Daging

Pastikan Anda memilih daging dengan lemak yang sedikit, atau bisa juga pisahkan lemak yang menempel pada daging. Hindari juga mengonsumsi bagian jeroan, sebab jeroan mengandung tinggi lemak dan kolesterol.

2. Konsumsi Secukupnya

Anda harus memastiakan porsi atau jumlah daging yang dikonsumsi. Jangan terlalu banyak konsumsi daging, karena ia memiliki jumlah kalori dan lemak yang tinggi, hal tersebut menyebabkan rasa tidak nyaman pada pencernaan, seperti refluks dan dispepsia.

3. Jangan Konsumsi Daging Sebelum Tidur

Hal ini akan membuat kualitas tidur Anda menurun. Ada baiknya, Anda mengonsumsi daging kurban dua atau tiga jam sebelum tidur.

4. Banyak Minum Air Putih

Anda harus memastikan cairan di dalam tubuh bisa tercukupi dengan meminum air putih. Air putih memiliki sejuta manfaatnya, yaitu dapat menghindari dehidrasi, mengalirkan oksigen, menyehatkan kulit dan masih banyak lagi.

Banyak minum air putih dapat membantu mendorong sisa makanan berlemak dari daging yang Anda konsumsi, sehingga tidak mengakibatkan sembelit.

5. Imbangi dengan Makanan Berserat

Konsumsi daging juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang berserat, seperti sayur dan buah. Hal tersebut mampu menetralisir lemak yang ada pada tubuh. Sayuran yang bisa digunakan adalah seperti tomat, bawang putih, bombay, dan bawang merah.

Mengonsumsi serat khususnya serat larut air, seperti pektin, beta glucan, psyllium, dan lainnya bisa meningkatkan kolesterol pada pencernaan dan membuatnya keluar bersama dengan feses. Selain itu, makanan mengandung serat juga bisa membantu menjaga berat badan.

6. Hindari Air Es

Air es adalah musuh lemak, maka dari itu Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi air es setelah menyantap daging kurban.

Anda bisa mengggantinya dengan air putih atau jeruk hangat yang bisa membantu membersihkan tenggorokan dan melunturkan sisa-sisa lemak. Selain itu hindari juga minuman manis, seperti kopi, teh, dan soda.

  • Bagikan