7 Fakta Tari Thengul, Ikon Kabupaten Bojonegoro

  • Bagikan
Penari Thengul dalam acara Thengul International Folklore Festival (TIFF) di Bojonegoro tahun 2019. (Foto: IG @humas.bjn/Tugu Jatim)
Penari Thengul dalam acara Thengul International Folklore Festival (TIFF) di Bojonegoro tahun 2019. (Foto: IG @humas.bjn/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Tari Thengul merupakan tarian tradisional yang terinspirasi dari Wayang Thengul asal Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim). Tarian ini adalah tari kreasi yang diciptakan para seniman sebagai wujud apresiasi dan upaya mengangkat kembali kesenian yang hampir tenggelam seiring dengan perkembangan zaman.

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia juga telah menetapkan Tari Thengul dan Kesenian Sandur sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Lalu fakta apa saja yang ada pada Tari Thengul ini. Yuk simak informasi dari Tugu Jatim berikut ini:

1. Riasan Wajah Penari

Berbeda dengan tarian lainnya, riasan wajah para penari Thengul memakai bedak putih tebal, pipi merah, serta riasan hitam pada ujung dahi berbentuk lengkungan, serta lipstik merah. Tak ketinggalan sanggul berbentuk boneka wayang yang menjadi ciri khas Thengul. Sekilas, penari Thengul akan terlihat seperti mengenakan topeng.

2. Ekspresi Wajah

Yang menjadi poin menarik dari tarian Thengul ini terletak para ekspresi para penarinya. Mereka akan tampil dengan ekspresi yang beragam, seperti tertawa, cemberut, dan melotot.

3. Tari Thengul Adalah Tarian Jenaka yang Dibawakan Berkelompok

Tari Thengul dibawakan dengan gerakan kaku dan patah-patah seperti gerakan pada wayang. Mula-mula penari akan berjalan ala pinokio. Selanjutnya, penonton akan dibuat tertawa oleh perpaduan gerakan tari yang unik dan ekspresi wajah yang lucu.

4. Pecahkan Rekor Muri

Tari Thengul juga menyapa dunia melalui event Thengul International Folklore Festival (TIFF) pada 2019 lalu. Dengan mendatangkan delegasi kesenian asing dari 4 negara, yaitu Polandia, Bulgaria, Mexico, dan Thailand.

Tak tanggung-tanggung, acara tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas pemrakarsa dan penyelenggara Tari Thengul dengan peserta terbanyak, yaitu 2.050 orang yang melibatkan pelajar dari SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Bojonegoro.

5. Pernah Tampil pada HUT Republik Indonesia Ke-74

Tari Thengul pernah tampil pada perayaan HUT Ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta. Sekitar 240 penari Thengul yang berasal dari berbagai SMA sederajat di Kabupaten Bojonegoro ambil bagian untuk menampilkan tari khas Kota Ledre ini. (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan