7 Pekerjaan Cocok untuk Sarjana Bahasa dan Sastra, Silahkan Dicoba

7 Pekerjaan Cocok untuk Sarjana Bahasa dan Sastra, Silahkan Dicoba

  • Bagikan
Prospek kerja sarjana bahasa dan sastra yang bisa dicoba/tugu jatim
Prospek kerja sarjana bahasa dan sastra yang bisa dicoba. (Foto: Foto oleh cottonbro dari Pexels)

Tugujatim.id – Mahasiswa jurusan bahasa dan sastra sering kali bingung dengan pekerjaan yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah. Tak jarang mereka yang berada pada semester pertengahan di jurusan tersebut memilih mencari ilmu lain yang dirasa memiliki prospek kerja yang lebih bagus.

Mahasiswa jurusan bahasa dan sastra memang seringkali diremehkan karena sebagian orang masih menganggap kuliah jurusan tersebut sama saja dengan kursus bahasa. Namun, jangan khawatir, berikut ini 7 bidang pekerjaan yang dapat ditekuni oleh mahasiswa bahasa dan sastra setelah lulus.

1. Bahasa

Sarjana bahasa dan sastra sudah pasti sangat mumpuni untuk bekerja di bidang bahasa. Mereka yang lulus dari jurusan bahasa dan sastra dibekali dengan ilmu tentang kepenulisan, penyuntingan, dan penerjemahan. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan ilmu tentang penelitian dan pengembangan (Litbang) serta pengajaran bahasa. Sehingga, sarjana bahasa bisa terjun sebagai seorang pengajar bahasa yang cakap.

2. Sastra

Sesuai namanya, bidang ini dikhususkan untuk sarjana sastra yang menyukai sastra dari segi seni. Mereka yang menguasai penulisan karya sastra lebih mudah menulis puisi, cerpen, novel, skenario, dan penceritaan (storytelling). Jangan heran, bila penulis-penulis karya sastra juga memiliki prospek kerja yang bagus di industri hiburan seperti film, televisi, dan radio.

3. Jurnalistik

Sebagai mahasiswa bahasa dan sastra, menulis adalah salah satu kemampuan wajib yang harus dikuasai. Mereka yang lulus dari jurusan ini akan dengan mudah mengemas data-data dari berbagai sumber menjadi tulisan yang sangat menarik. Dan, yang sepesial mereka dibekali ilmu dasar jurnalistik sehingga memiliki kemampuan yang lebih untuk melakukan penulisan berita, siaran pers, artikel, esai, dan resensi.

Peluang kerja bagi sarjana bahasa dan sastra/tugu jatim
Peluang kerja bagi sarjana bahasa dan sastra. (Foto : twitter Ivan Lanin @ivanlanin)

4. Industri Kreatif

Dalam industri kreatif, sarjana bahasa dan sastra dapat menekuni bidang wara atau copywriting. Kepekaan berbahasa mereka sangat membantu dalam memproduksi bahasa-bahasa yang menggelitik dan dapat menaikkan penjualan suatu produk yang diasarkan. Kemampuan linguistik yang bagus, juga bisa membuat mereka terjun sebagai mikrokopi UI/UX, atau penulis konten di media sosial.

5. Bisnis

Di bidang bisnis, mahasiswa sastra dapat bekerja di bagian administrasi yang berhubungan dengan komunikasi. Contohnya, membuat naskah dinas, surat dan laporan serta melakukan presentasi bisnis. Mereka sudah terlatih berbahasa dengan baik sejak masa kuliah. Itu yang membuat mereka lebih handal dalam melakukan berbagai bentuk komunikasi lisan maupun tulisan.

6. Hukum

Dalam bidang hukum, ahli bahasa sangat dibutuhkan untuk menyusun dokumen-dokumen yang berhubungan dengan peraturan, perjanjian, dan akta. Mereka yang lulus dari jurusan bahasa memiliki perbendaharaan kata yang baik sehingga dapat menyusun dokumen hukum yang detail dan bebas dari ambiguitas. Mereka juga memiliki kemampuan menerjemahkan dokumen berbahasa asing sesuai dengan jurusan bahasa yang mereka tekuni.

7. Ilmiah

Sarjana sastra tentunya sudah dibekali dengan ilmu mengenai penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, mereka terampil dalam menyusun laporan litbang, makalah, dan buku ilmiah.

Itulah 7 bidang yang cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa dan sastra setelah lulus. Jika belum lulus dari perguruan tinggi, ada baiknya mencari informasi sebanyak-banyak mengenai karir yang akan diambil setelah lulus.

Selain itu, meskipun selama kuliah semua ilmu di bidang tersebut sudah diajarkan, sebaiknya mencari tambahan ilmu lain yang berhubungan langsung dengan praktiknya untuk menambah wawasan dan mempertajam skills.

  • Bagikan