750 Mahasiswa Umsida Diwisuda, Ini Pesan Rektor untuk Para Wisudawan - Tugujatim.id

750 Mahasiswa Umsida Diwisuda, Ini Pesan Rektor untuk Para Wisudawan

  • Bagikan
Mahasiswa Umsida. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)
Salah satu mahasiswa Umsida tampak melakukan prosesi wisuda di Gedung Kuliah Bersama Auditorium Ahmad Dahlan Sidoarjo, Sabtu pagi (18/06/2022). (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Sebanyak 750 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang terdiri dari diploma hingga strata 2 resmi diwisuda di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Auditorium Ahmad Dahlan, Sabtu (18/06/2022). Acara wisuda ini diikuti mahasiswa Umsida dengan memakai protokol kesehatan (prokes).

Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dr Hidayatulloh MSi dalam pidatonya, menyampaikan visi-misi yang baru berlaku 2018-2038.

“Sekarang ini saya sampaikan visi baru yang dicetuskan pada 2018. Yaitu menjadi perguruan tinggi unggul dan inovatif dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sains (Ipteks) berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu dalam ikhtiar, dia mengatakan, pihaknya telah meletakkan nilai-nilai utama yang menjadi spirit seluruh gerak langkah yang tergabung dalam akronim UMSIDA (Uswah, Mandiri, Sinergi, Integritas, Dinamis, dan Amanah, red)

Dia juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang hari ini diwisuda.

“Yang terakhir dalam pidatonya, saya ucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan kuliahnya di Umsida. Mudah-mudahan seluruh ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan seluruh pengalamannya di Umsida ini benar-benar menjadi bekal yang terbaik bagi adek-adek sekalian. Mudah-mudahan yang akan melanjutkan kuliah di Umisda ada 2 magister atau pascasarjana. Dan yang ingin bekerja, semoga diberikan pekerjaan yang terbaik,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Direktorat Akademik Umsida sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Wisuda Ke-39 Evi Rinata menjelaskan, sekitar 750 mahasiswa diwisuda pada semester genap Juli 2022.

“Kali ini wisuda yang ke-39, di mana dilaksanakan dua kali. Wisuda pertama pada Juni (semester genap) dan wisuda kedua pada Oktober (semester ganjil). Kesempatan kali ini, kami mewisuda 750 mahasiswa,” ujarnya.

Mahasiswa Umsida. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)
Suasana prosesi wisuda ke-39 Umsida di Gedung Kuliah Bersama Auditorium Ahmad Dahlan Sidoarjo, Sabtu pagi (18/06/2022). (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)

Dia melanjutkan, rinciannya 717 orang wisuda luring dan 33 orang wisuda secara hybrid dari total 5 fakultas yang ada di Umsida. Mulai dari Fakultas Agama Islam 103 orang, Fakultas Sains dan Teknologi (128 orang), Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial (424 orang), Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (89 orang), dan Fakultas Ilmu Kesehatan (6 orang).

“Totalnya ada sekitar 750 mahasiswa Umsida yang diwisuda hari ini, dari diploma sampai S-2 (Strata 2),” jelasnya.

Dia menambahkan, wisuda kali ini sangat membuat mahasiswa senang dan bahagia karena kasus Covid-19 sudah melandai.

“Hari ini terlihat mahasiswa yang hadir sangat bahagia dan senang, meski kami belum bisa memberikan pendampingan kepada orang tua wisudawan. Sebab, kami belum melakukan simulasi. Kapasitas auditorium ini masih belum memungkinkan. Kapasitasnya maksimal 1.500 orang,” ujarnya.

Menurut dia, tahun lalu mahasiswa yang diwisuda ada 500 orang dan jumlah orang tua yang datang 1.000 orang. Jadi, itu melebihi kapasitas auditorium tersebut.

“Kami belum bisa memberikan keleluasaan kepada orang tua wisudawan. Tapi, kami masih memberikan toleransi untuk orang tua bisa mengantarkan anaknya sampai di pintu depan auditorium,” ucapnya.

Mahasiswa Umsida. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)
Ratusan wisudawan mengikuti acara wisuda ke-39 Umsida di Gedung Kuliah Bersama Auditorium Ahmad Dahlan Sidoarjo, Sabtu pagi (18/06/2022), dengan memakai protokol kesehatan. (Foto: Rahman Hakim/Tugu Jatim)

Ditanya tentang jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun, dia mengatakan, sangat tidak signifikan.

“Untuk tahun ke tahun mahasiswa Umsida yang diwisuda mengalami naik-turun, tidak bisa ditargetkan. Cuma untuk yang diwisuda pada Oktober biasanya banyak, sekitar 1.200 mahasiswa, bahkan bisa lebih dari itu. Kami lihat saja bagaimana pada Oktober ini, Mas,” paparnya.

Evi berharap kepada seluruh mahasiswa Umsida yang diwisuda dapat memanfaatkan ilmunya untuk bangsa dan negara.

“Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang hari ini diwisuda. Saya berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan oleh dosen-dosennya selama ini dan berguna untuk masyarakat sekitar, bangsa, dan negara,” katanya. (adv)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan