Ahli Multitasking Bukan Berarti Seorang Jenius - Tugujatim.id

Ahli Multitasking Bukan Berarti Seorang Jenius

  • Bagikan
Ilustrasi multitasking
Ilustrasi multitasking, beberapa pekerjaan dilakukan oleh satu orang sekaligus. (Foto:

Apakah kamu benar-benar berpikir bahwa kamu ahlinya multitasking dan melakukan banyak hal secara bersamaan? Mungkin kamu merasa bahwa dengan melakukan banyak hal dalam waktu yang sama akan membuatmu lebih produktif dan pekerjaanmu lebih cepat selesai. Namun faktanya, manusia tidak benar-benar bisa melakukan multitasking.

Lantas apa dampaknya jika kita terus menerus melakukan multitasking? Simak penjelasannya berikut:

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Tercipta Ketika Kita Membiasakan Duduk dengan Benar

1. Multitasking akan meningkatkan stres

Pria stress di depan laptop. multasking bisa menyebabkan stress
Melakukan banyak pekerjaan sekaligus justru bisa membuat pikiran lelah dan stres. (Foto: Unsplash)

Berusaha untuk fokus pada banyak hal hanya akan menambah tekanan dan beban pada otakmu. Pada dasarnya otak manusia diciptakan untuk hanya fokus pada satu hal. Akan tetapi ketika otak diminta untuk fokus pada beberapa hal dalam waktu bersamaan maka otak akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Hal inilah yang dapat memicu stres ketika kamu mulai merasa bahwa pekerjaanmu tidak kunjung selesai.

Penelitian yang dilakukan oleh Univesitas Stanford menunjukkan bahwa multitasking hanya akan mengurangi tingkat produktivtas seseorang. Ditambah lagi, seseorang yang sering terganggu dengan notifikasi smartphone tidak akan bisa fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan dan cenderung mudah lupa.

Menetapkan banyak hal untuk dilakukan di waktu bersamaan pada intinya hanya akan membawa dampak buruk daripada hal baik.

2. Multitasking akan mengurangi daya ingat

perempuan bekerja dari rumah di depan laptop
Banyak melakukan pekerjaan sekaligus justru bisa membuat daya ingat menurun. (Foto: Unsplash)

 

Sering melakukan multitasking akan mempengaruhi daya ingatmu. Fenomena lupa sesaat adalah hal umum yang kerap kali dialami seseorang yang sering melakukan multitasking. Otak kita tidak diatur untuk mampu mengatasi banyak tugas dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu ketika kamu melakukan dua hal dalam waktu sama kamu tidak benar-benar fokus pada keduanya. Ketika kamu berusaha mengingat apa yang sudah kamu kerjakan kamu akan kesulitan untuk mengingatnya.

Baca Juga: 5 Trik Pencarian Google Andalan untuk Browsing Lebih Tepat

3. Multitasking akan mengurangi daya kreativitas

Ketika melakukan multitasking, perhatianmu akan terpecah dan berpindah pindah dari satu aktivitas ke yang lainnya. Kamu mungkin masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus untuk beberapa hal mudah, namun kesulitan tidak bisa dihindari ketika kamu harus menyelesaikan masalah serius.

Cobalah untuk hanya fokus pada satu hal dalam satu waktu dan hindari mengecek notifikasi apapun dari smartphone. Jika kamu merasa perlu untuk mengecek maka berhentilah dan ambil jeda sejenak untuk fokus membalas pesan masuk. Pada intinya, mustitasking memang bukanlah hal yang baik untuk produktivitasmu. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: entrepreneur.com & forbes.com

  • Bagikan