Anggota DPRD Kabupaten Kediri Sebut Sewa Lahan Parkir Setahun Rp 22 Juta - Tugujatim.id

Anggota DPRD Kabupaten Kediri Sebut Sewa Lahan Parkir Setahun Rp 22 Juta

  • Bagikan
Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Kediri, Masykur Lukman ketika dikonfirmasi. (Foto: Rino Hayyu Setyo/Tugu Jatim)
Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Kediri, Masykur Lukman ketika dikonfirmasi. (Foto: Rino Hayyu Setyo/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id – Dugaan tarikan retribusi parkir ilegal di kompleks kantor Dispendukcapil dan Bapenda Kabupaten Kediri diklarifikasi oleh Masykur Lukman. Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Kediri itu menerangkan bahwa dirinya mengakui menyewa lahan itu di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sebesar Rp 22 juta setahun.

“Jadi saya menyewa lahan, gitu lho. lha nilai sewa yang nentukan appresial, bukan sembarangan itu 22 juta per tahun saya bayar baru terbit kontrak ini. Jadi ini resmi, bukan ilegal. Tapi ini kebijakan Bupati yang lama, kalau Mas Bup tidak boleh ya monggo, selesai sudah,” papar Masykur Lukman.

Ia menerangkan kontraknya diketahui langsung oleh Sekda Kabupaten Kediri, Dede Sujana, pada 1 Februari 2021. Dalam perjanjian sewa nomor 028/264/418.51/2021 antara Pemerintah Kabupaten Kediri dengan Pihak Ketiga berlogo Kabupaten Kediri itu berisi tentang sewa lahan halaman kantor kompleks Bagawanta Bhari.

Lukman menjelaskan bahwa ia mendapatkan izin untuk menyewa setelah mengajukan permohonan ke BPKAD dengan surat resmi. Dikarenakan, sebelumnya ia mengetahui dalam akhir tahun lalu sempat tidak ada pengelolanya. Ia mengetahui adanya pengelolaan ini sejak 2017. Sedangkan, Lukman baru saja menyewa tiga bulan terakhir, tepatnya pada 1 Februari 2021.

Ditanya tentang landasan yang digunakan untuk menyewa lahan parkir tersebut, Lukman hanya menjawab tidak tahu. Akan tetapi, ia menyebut yang tahu landasannya ialah BPKAD.

“Ada di BPKAD, saya ndak punya itu,” terang Lukman.

Ia menjelaskan juga tidak akan menuntut apabila sewan lahan itu ditutup oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Dikarenakan, ia mendapatkan izin ini ketika masih dijabat oleh Bupati Haryanti.

Tak hanya Sekda Dede Sujana, ada sejumlah pejabat lain yang ikut mengetahui dan menandatangani perjanjian sewa ini. Yakni, Plt. Kepala BPKAD Erfin Fatoni, Plt Kabag Hukum Suwono, Kabag Umum Mustika Prayitno, Kadispendukcapil Wirawan, dan KaBapenda Syaifudin Zuchri.

Bupati Kediri Sidak Parkir Liar, Tukang Parkir Catut Anggota DPRD Kabupaten Kediri

  • Bagikan