Angkat Potensi Ikan Hias Lokal Pasuruan, Komunitas Pasquatic X Sniper Gelar Kontes Ikan Channa Limbata - Tugujatim.id

Angkat Potensi Ikan Hias Lokal Pasuruan, Komunitas Pasquatic X Sniper Gelar Kontes Ikan Channa Limbata

  • Bagikan
Ikan hias. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Ikan Channa limbata dalam kontes yang digelar komunitas Pasquatic x Sniper pada Sabtu (18/06/2022). (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – Demi mengangkat potensi ikan hias di Kota Pasuruan, Komunitas Pasquatic dan Sniper menggelar kontes dan bazar di Pendapa Pasar Kebonagung, Sabtu (18/06/2022). Dalam acara bertajuk Pasquatic X Sniper Exhibition 2022 itu, komunitas yang mewadahi para pencinta ikan ini menggelar kontes ikan hias berjenis Channa limbata atau dikenal sebagai ikan gabus.

Ketua Sniper Pasuruan M. Faiz Abdul Aziz mengatakan, kontes ikan hias kali ini memilih Channa limbata karena tengah naik daun. Potensi jualnya juga cukup tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“Apalagi kalau menang kontes, bisa sampai jutaan rupiah harganya. Punya teman saya ada yang laku Rp4,5 juta. Merawatnya juga gampang. Karena itu, kami adakan kontes untuk mengangkat potensi ikan lokal Channa limbata,” ujar Faiz pada Sabtu (18/06/2022).

Ikan hias. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Suasana kontes ikan hias Channa limbata yang digelar komunitas Pasquatic x Sniper pada Sabtu (18/06/2022). (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

Menurut Faiz, peminat kontes ikan hias ini cukup tinggi. Dia harus menambah dari 20 slot, menjadi 26 slot peserta. Kebanyakan peserta bahkan berasal dari luar Pasuruan, seperti Batu, Malang, Probolinggo, Bondowoso, sampai Banyuwangi.

“Kriteria penilaiannya mulai dari adaptasi, kita lihat ikan itu aktif apa tidak. Terus juga warna sisik dan siripnya. Kemudian juga anatomi ikan apa tulangnya bengkok atau ada yang cacat,” ujar Faiz.

Ikan hias. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Para pencinta aquascape saat menghias akuarium di Pasquatic x Sniper Exhibition 2022 pada Sabtu (18/06/2022). (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

Sementara itu, anggota Pasquatic Pasuruan Bangga Sena Putra menyatakan, selain kontes ikan hias, pihaknya juga menggelar bazar. Dia melanjutkan, berbagai jenis ikan hias ada, mulai dari laohan, ikan cupang, hingga ikan Channa limbata yang akan dilelang. Selain itu, karya-karya para perajin aquascape atau akuarium hias asal Pasuruan juga dipamerkan.

“Harapannya, ikan hias air tawar dan air laut bisa lebih dicintai dan semakin banyak dikenal masyarakat,” ucap Bangga.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Pasar Kota Pasuruan Bayu Wika. Dia menjelaskan, pameran dan kontes ikan hias kali ini digelar guna meramaikan kembali stan pedagang di Pasar Kebonagung yang sempat sepi akibat pandemi.

“Rencananya, kami gelar tiap 2 minggu sekali. Tujuannya untuk mengangkat kembali perekonomian pedagang ikan hias ini biar bisa hidup kembali setelah new normal,” katanya.

 

Baca Juga:

Cara Membuat Ikan Hias Channa Lebih Cantik dan Sehat


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan