Bersendawa Berlebihan? Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit Berbahaya

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang sering bersendawa atau terlalu sering sendawa. (Ilustrasi: Pixabay)
Ilustrasi seseorang sering bersendawa atau terlalu sering sendawa. (Ilustrasi: Pixabay)

Tugujatim.id – Sendawa adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan gas secara alami. Kondisi ini umumnya adalah hal yang baik, karena jika tidak dikeluarkan, maka gas di lambung dapat menyebabkan perut kembung yang kadang disertai dengan nyeri perut.

Meski terkadang mengganggu kenyamanan dan memalukan, tapi sendawa umumnya bukan pertanda penyakit serius. Namun, bagaimana dengan sering sendawa?

Nah, Banyak penyebab dan faktor yang membuat seseorang jadi sering sendawa. Hal yang perlu digarisbawahi, penyebab sering sendawa bukan tentang masuk angin saja. Berikut ini sebab dan bahaya sering bersendawa:

1. Menelan udara (aerophagia)

Menelan udara, baik secara sengaja maupun tidak, disebut aerophagia. Udara yang masuk ke saluran pencernaan mengandung gas nitrogen dan oksigen. Gas ini akan didorong ke atas oleh lambung menuju kerongkongan dan keluar dari mulut dalam bentuk sendawa.

Gas dalam saluran pencernaan umumnya terbentuk dari proses pencernaan makanan atau ketika ada udara yang tertelan melalui mulut. Udara dapat masuk ke tubuh jika Anda berbicara sambil makan, mengunyah permen karet, mengisap permen, makan terlalu cepat, atau merokok.

2. Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Sendawa dapat disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti brokoli, kol, bawang merah, kacang-kacangan, pisang, biji-bijian utuh, kismis, dan minuman berkarbonasi atau soda. Selain itu, minuman beralkohol serta makanan tinggi gula, tepung, dan serat juga dapat menyebabkan sendawa berlebih.

3. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Selain menelan udara dan konsumsi makanan atau minuman tertentu, beberapa obat-obatan juga diketahui dapat menyebabkan sendawa. Obat-obatan ini termasuk obat diabetes tipe 2, obat pencahar, dan obat pereda nyeri. Bahkan, konsumsi obat pereda nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan gastritis, salah satu kondisi yang memicu sendawa.

4. Merasa stres dan cemas

Saat mengalami stres atau cemas berlebih, secara tidak sadar Anda akan bernapas lebih cepat sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi lebih banyak. Kondisi ini disebut hiperventilasi dan dapat memicu sendawa.

Tanda Penyakit Serius dari Sering Bersendawa

Namun, beberapa penyakit dapat membuatmu bersendawa lebih banyak dari itu. Beberapa penyakit itu adalah:

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Kadang-kadang disebut acid reflux, terjadi ketika asam di dalam lambung mengalir kembali ke esofagus dan menyebabkan rasa mulas dan sensasi panas di dalam perut. Jika kamu hanya sesekali saja mengalaminya, kamu bisa mengobati sakit ini dengan obat-obat mag biasa Namun, kalau sudah terlalu sering dengan sensasi yang semakin intens dan parah, maka ada baiknya kamu perlu melakukan perubahan dalam pola makan dan segera ke dokter.

Gangguan Pencernaan (Dispepsia)

Sensasi ini bisa menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut bagian atas. Gejalanya dapat ditandai dengan sendawa, kembung, sakit mag, mual, atau bahkan muntah.

Gastritis

Ini terjadi ketika lapisan perutmu teriritasi.

Infeksi Perut karena Helicobacter Pylori

Ini adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di perut kamu dan mengakibatkan bisul.

Sindrom Usus yang Teriritasi

Hal ini juga dapat menyebabkan kram perut, kembung, dan diare atau sembelit.

  • Bagikan