BMKG: Cuaca Ekstrem di Jatim Tiga Hari ke Depan

  • Bagikan
BMKG Stasiun Juanda menyatakan bahwa cuaca ekstrem akan terjadi di wilayah Jawa Timur selama tiga hari ke depan. (Foto: Pixabay)
BMKG Stasiun Juanda menyatakan bahwa cuaca ekstrem akan terjadi di wilayah Jawa Timur selama tiga hari ke depan. (Foto: Pixabay)

SURABAYA, Tugujatim.id – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Juanda memberikan peringatan fenomena cuaca ekstrem di wilayah Jawa Timur (Jatim) selama tiga hari ke depan, terhitung mulai hari ini (7/1/2021).

Dilansir dari unggahan media sosial resmi BMKG, menyebut jika beberapa daerah di Jatim mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dimulai pagi sampai dengan malam hari.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Pada Kamis (7/1/2021) siang hingga sore, daerah yang mengalami cuaca ekstrem yakni, Surabaya, Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Gresik, Pulau Bawean, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kota dan Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten serta Kota Malang, Batu, Pasuruan, kota dna Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasna dan Sampang.

Baca Juga: Mengenang Sosok Gus Dur: Pluralisme dan Cerita Tentang Papua

Kemudian malam dan dini hari di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember dan Situbondo.

Pada Jumat (8/1/2021) wilayah yang juga masih dilanda cuaca Ekstrem pada pagi hari diantaranya Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Sedangkan siang sampai sore hari di Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Kemudian malam dan dini hari di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Situbondo, Nganjuk, Tulungagung, Batu, Kabupaten Probolinggo

Selanjutnya untuk Sabtu (9/1/2021) daerah dilanda cuaca buruk di pagi hari yakni, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Baca Juga: 6 Tips Perawatan Motor saat Musim Hujan

Lalu siang hingga sore hari, di wilayah Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kota dan Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan,Trenggalek, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, dan Pamekasan.

Sedangkan pada malam dan dini hari di Kabupaten Mojokerto, Pulau Bawean, Bangkalan dan Sumenep, serta Kabupaten Blitar.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan fenomena akibat cuaca buruk. Masyarakat agar selalu memantau informasi cuaca BMKG. (Moch Abdurrochim/gg)

  • Bagikan